Friday, October 10, 2014

Usaha Lapangan Parkir Usaha Yang Menghasilkan Keuntungan Besar



Usaha Lapangan Parkir  Usaha Yang
Menghasilkan Keuntungan Besar

Awal saya membuat tulisan ini berasal dari perbincangan dengan sahabat saya perihal peluang usaha di Indonesia ini dimana memanfaatkan lahan Tanah yang semakin lama semakin berkurang.

Terucap begitu saja saya mengatakan kenapa tidak membuat lapangan parkir saja namun kawan saya berkata butuh dana berapa dan bagaimana balik Break event pointnya ( BEP ) ya memang dasar salah satu pengusaha ini hanya berpikiran untuk secara cepat untuk mengembalikan modal yang akan dia salurkan untuk bisnis ini.

Saya katakana saja BEP lapangan parkir itu tergantung dengan beberapa factor sebagai berikut :
  • Lokasi lahan parkir  semakin letaknya semakin ramai dengan pusat perbelanjaan maka harga Tanah yang akan dibangun untuk lahan parkir disana akan meningkat dikarenakan sudah menjadi pusat Perdagangan.
  • Peraturan pemerintah berupa tarif pajak, kebijakkan pemerintah perihal mengatasi kemacetan kota pemerintahan mereka ( excampel : peraturan pemerintah kota bogor yang sedang dibahas dimana pemerintah kota bogor tidak memperbolehkan mobil plat B ( jakarta ) memasuki kota bogor dan mereka diwajibkan untuk mempergunakkan kendaraan missal yang telah disediakan oleh pemerintahan bogor.
  • Tata cara perizinan bangunan (IMB) lapangan parkir belum di bentuk dalam bentuk peraturan daerah ataupun pemerintah.

Kawan saya bertanya :

memang harus ya adanya aturan pembangunan IMB untuk lapangan parkir ?

“Sejenak dalam pikiran betul juga sih kalo bisa dipermudah kenapa harus dipersulit ka nada tambahan biaya yang akan diperlukan untuk mengurusi perizinan tersebut di dinas tata kota pemerintahan yang terkait.”

Namun saya berkata : sebuah perizinan pembangunan itu merupakan landasan hukum dan kekuatan kita dimana kita agar mendapatkan hak kita berupa listri dan kebutuhan air untuk bangunan kita tersebut.

Kawan saya bertanaya kembali :
Kenapa butuh air Kalo listrik ok lah ? kan dipergunakkan untuk cctv alat keamanan lapangan parkir nanti ?

Saya menjawab :

Exactly kebutuhan listrik untuk pemasanagan alat2 keamanan berupa cctv dan untuk sumber tenaga menghidupkan computer dan database penyimpan data yang tersambung oleh cctv tersebut yang dipararelkan ke satu tempat pusat keamanan.

Perihal air hal ini bisa kita pergunakan dimana lapangan parkir tersebut bisa kita pergunakan untuk pembangunan sarana umum yaitu toilet dan mushola (sarabna ibadah)

Kawan saya bertanya :
Berarti bisa dong kita usahakan juga jasa toilet umum tersebut ?

Saya menjawab :
Tentu saja bisa kan dalam perawatan fasilitas umum tersebut kan membutuhkan biaya perawatan untuk menjamin kebersihannya saya pun tersenyum kecil dan berkata dalam hati kawan ku ini memang memiliki otak bisnis yang tokcer.

kawan saya bertanya :
coba kamu jelaskan rif perihal konsep parkiran ini seperti apa ?dan kenapa kita harus membangun lapangan parkir atau gedung parkir ?

Saya menjawab : 

alasan mengapa kita harus membangun lapangan parkir atau gedung parkir yaitu :
a.       Keadaan yang meminta untuk adanya fasilitas khusus untuk memarkirkan kendaraan bermotor di lokasi2 dekat kantor atau dekat dengan fasilitas kendaraan pengangkut masal yang diselenggarakan oleh pemerintah seperti busway,MRT, dan comuter line.
b.      Adanya rencana pemerintahan daerah dimana solusi untuk mengurai kemacetan yang terdapat di dalam kota-kota besar seperti bandung,bogor,Bekasi dan jakarta. Dimana mereka akan memusatkan kendaraan pribadi di satu lokasi gedung parkir dan dalam gedung parkir tersebut terintegrasi langsung dengan kendaraan pengangkut missal seperti ayang akan dilakukan pertama kali dan sedang dibahas paying hukumnya di kota bogor.
c.       Berbisnis gedung parkir sangat menguntungkan bagi banyak orang seperti pemilik usaha tersebut, karyawan usaha tersebut dan orang-orang yang membutuhkan tempat parkir.
d.      Dan yang terkahir keuntungan besar yang akan diperoleh dalam waktu  jangka Panjang meskipun perlu waktu Panjang pula untuk memperoleh break event point atau yang lebih kinal kenal balik modal atas biaya- biaya yang telah di keluarkan untuk membangun gedung parkir atau lapangan parkir tersebut .

Perihal Konsep gedung parkir  adanya banyak plan yang bisa kita ambil seperti :

Konsep pemukiman dengan bertemakan kota dalam kota seperti di kawasan Cibubur,jonggol dan sekitarnya.

Mari kita lihat seperti apa konsep pengelolan gedung parkir yang baik dan bisa menjadi tambahan pemasukkan tetap bagi pengembang sehingga mereka selalu dapat mengisi neraca keuangan mereka dari hasil sewa gedung parkir tersebut.

Dalam konsep perumahan kini yang di galakkan oleh pengembang adalah terdiri cluster,apartemen, dan gedung-gedung pertokoan dalam cluster pasti sudah disediakan halaman yang cukup untuk memarkirkan kendaraan penghuni perumahan tersebut.

Namun pengembang bisa membangun gedung parkir diperuntukkkan untuk penghuni apartemen dan pengunjung pertokoan seperti mall ataupun ruko-ruko yang ada.

Sarana Gednung parkir yang tersentralisasi kan oleh failitas fasilitas penmerintah seperti kendaraan pengangkut masal seperti busway, stasiun kereta dan terminal dimana setiap sarana tersebut dimana pemerintahan kota bisa memaksimalkan pendapatan daerah dari sarana angkutan masal yang mereka sediakan untuk mengatasi permasalahan kemacetan di kota2 besar.

Sarana parkir untuk dapat mengatasi permasalahan – permasalahan tempat untuk memarkirkan kendaraan dikarenakan terbatasnya lahan untuk mermakirkan kendaraan.

Untuk contoh dan perhitungan kebutuhan sesuai dengan lokasi saya akan jelaskan lebih lanjut semoga perbincangan ini dapat membuka pemikiran kita dimana kita bisa memaksimalkan potensi pendapatan pengusaha dan pemerintah dari usaha perparkiran ini.

Akhirul kata saya ucapkan permohonan maaf apabila ada salah2 kata dalam tulisan ini wassalamu’alaikum wr..wb..


Salam Perubahan
Arief  Tri Setiaji,S.E



Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate