Sunday, October 12, 2014

PELUANG USAHA MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA SYARIAH INDONESIA




PELUANG USAHA MENGEMBANGKAN
POTENSI WISATA SYARIAH INDONESIA

Assalamu’alaikum wr..wb..

Selamat pagi agan dan sista…

Pada pagi hari ini ada sebuah topic yang sangat menarik untuk dapat diperbincangkan dan hasil dari perbincangan topik ini dapat memberikan pemasukkan untuk ekonomi kreatif di Indonesia. apakah itu dan bagaimanakah konsepnya.

Diawali dari jumlah penduduk muslim di Indonesia yang begitu besar yaitu 82% dari seluruh penduduk Indonesia dan dilihat dari potensi dunia pariwisata Indonesia yang sangat besar maka dimulai pada tahun 2013 hingga pada hari ini topic ini makin hangat untuk dibicarakan dikalangan adventurers muslim mancanegara dan local. 

Topik apakah itu ??

Para adventurers mancanegara sangat suka atas keindahan alam yang di miliki oleh Indonesia terutama para petualang muslim seluruh dunia. Namun mereka didalam komunitas backpackers dan adventurers masih banyak kekecewaan mereka atas pengelolaan dunia pariwisata Indonesia yang berbau konvensional dan berbau maksiat lebih marak daripada wisata syariah selama ini.


Hal ini dapat kita lihat dengan makin maraknya di tempat-tempat pariwisata alam di Indonesia makin banyak café-café yang menjual bir (minuman berakohol), hiburan-hiburan malam bahkan mulai menjamur bisnis prostitusi di sekitar lingkungan dunia pariwisata.


Melihat ini para adventurers dunia mengharapkan adanya pengelolaan dunia pariwisata Indonesia secara syariah dimana menampilkan kebudayan ketimuran yang sudah lama di anut oleh bangsa Indonesia yang menjunjung norma dan kebudayaan malu.

Selain itu Indonesia juga memiliki potensi dunia kuliner yang beraneka ragam dan banyak dari wisatawan mancanegara dan domestik pun sangat menyukai aneka ragam kuliner bangsa Indonesia. melihat potensi diatas maka diluncurkanlah konsep wisata syariah dengan bertepatan  kegiatan Indonesia Halal Expo (Indhex) 2013 & Global Halal Forum yang digelar pada 30 Oktober-2 November 2013 yang lalu.



Peluncuran ini dilakukan oleh Esthy Reko Astuti. Dirjen Pemasaran Kemenparekraf. Menetapkan Sembilan destinasi wisata syariah di Indonesia. kesembilan destinasi tersebut diantaranya :
  • Sumatera Barat,
  • Riau,
  • Lampung,
  • Jakarta,
  • Banten,
  • Jawa Barat,
  • Jawa Timur,
  • Lombok,
  • Dan Makasar.
Diharapkan dengan diluncurkannya wisata syariah ini dapat menjadikan Indonesia salah satu destinasi yang ramah bagi turis Muslim di dunia. Bukan hanya destinasi semata namun juga telah dilengkapi fasilitas-fasilitas wisata yang menunjangnya harus sesuai juga dengan standar halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Indiustri wisata syariah di indoensia ini kemudian  di lanjutkan kembali  dalam acara  OIC: International Forum on Islamic Tourism 2014 Islamic Tourism: The Prospects and Challenges" di Hotel Borobudur, Jakarta, yang dimana acara tersebut di buka oleh wakil presiden Indonesia yaitu Bpk Boediono.

Boediono menuturkan, ada tujuh sektor dalam ekonomi Islam yang bisa dikembangkan, yakni kuliner, keuangan, industri asuransi,  fashion,  kosmetik,  hiburan, Pariwisata, dan farmasi.

"Industri Pariwisata telah menjadi industri yang paling dinamis, di samping sektor yang lain seperti perbankan, keuangan, dan lain-lain," kata Boediono,  Senin 2 Juni 2014.

Bpk Boedione mengatakan, dalam pertemuan yang dihadiri oleh anggota-anggota negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tersebut dimana merupakan hasil tindak lanjut dari pertemuan negara OKI di Banjul, Gambia pada tahun 2013 menggagas forum yang akan membahas pengembangan wisata syariah di antara negara anggota OKI.

Boediono memaparkan, jumlah wisatawan di negara OKI pada tahun 2013 ada 151,6 juta wisatawan atau 15,2 persen dari kedatangan wisatawan di seluruh dunia. Sektor wisata ini menghasilkan pemasukkan Negara sebesar US$135,5 miliar.


"Ke depan, angka ini akan terus meningkat, sejalan dengan ekonomi muslim. Hal ini, juga didukung populasi muslim dunia yang pada 2014, mencapai 24 persen dari penduduk dunia," kata Bpk. Boediono.

Tak hanya itu, sektor pariwisata itu memberikan kontribusi sosial ekonomi dan pengurangan tingkat kemiskinan di negara anggota OKI, termasuk negara yang tidak punya sumber daya alam.

Memang, Boediono mengakui, ada tantangan terbesar dalam pengembangan wisata syariah, seperti sosialisasi, promosi, dan edukasi kepada masyarakat. Untuk itu, kerja sama antara anggota OKI pun diperlukan.

"Kami berharap dapat meningkatkan kerja sama di bidang ini. Juga perlu adanya peluang kerja sama untuk mengembangkan wisata syariah. Perlu memanfaatkan arus wisatawan anggota OKI yang aktif dan turut serta membantu mempromosikan arus wisatawan negara anggota OKI wisata syariah," kata pak wakil presiden Republik Indonesia.Meskipun demikian, Boediono mengaku, Indonesia siap untuk berbagi pengalaman dan penjajakan kerja sama dengan anggota OKI di bidang pengembangan wisata syariah. 

"Saya meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Mari Elka Pangestu), bersama menteri lainnya dan pemerintah daerah untuk memperkuat sinergi," ucap Pak Boediono.

Melihat perkembangan tersebut saya selaku pelaku bisnis jasa travel pariwisata di Indonesia menyambut baik agenda tersebut dan mendukung 100% dalam pengembangan industry pariwisata syariah di Indonesia.
Sesuai selogan jasa travel kami adventurers Indonesia yaitu "Kepercayaan anda kepada kami merupakan aset bagi kami untuk mengembangkan potensi  Pariwisata Indonesia" didalam slogan usaha kami tersebut memegang teguh semangat untuk mengembangkan potensi dunia pariwisata Indonesia baik melalui konsep konvensional ataupun syariah.

Dengan menuliskan artikel ini merupakan salah satu saya memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa telah ada konsep pariwisata syariah di Indonesia. dan saya melihat dengan dimunculkan nya konsep wista syariah ini maka potensi Indonesia menambah pendapatan devisa Negara dari dunia pariwisata sangatalah besar. 

Melihat Jumlah penduduk muslim dunia yang semakin hari makin bertambah, sepertinya akan menjadi komoditas yang menjanjikan bagi pendapatan suatu negara yang menawarkan produk-produk bernuasan Islami. Tak terkecuali Indonesia.

Menurut Pew Research Center Forum on Religion and Public Life, pada 2010, ada 1,6 miliar penduduk muslim dunia, atau 23,4 persen dari penduduk dunia yang mencapai enam miliar orang.

Pada 2030, jumlah ini diprediksi akan meningkat menjadi 2,2 miliar atau 26,4 persen dari total penduduk dunia yang diperkirakan mencapai 8,3 miliar, dengan rata-rata pertumbuhan penduduk muslim sebesar 1,5 persen per tahun.

Sedangkan total pengeluaran muslim dunia untuk kepentingan makanan halal dan gaya hidup pada 2012, mencapai US$1,6 triliun dan akan meningkat menjadi US$2,47 triliun pada 2018.

Nah gimana gan dan sista apakah kalian tertarik juga untuk dapat mempromosikan pariwisata syariah ini di dalam dunia masyarakat Indonesia dan di sekitar lokasi pariwisata Indonesia ini selain kita mendapatkan keuntungan berupa bertambahnya devisa Negara dan mengurangi tingkat kemiskinan warga Negara kita di sekitar lokasi pariwisata namun kita juga memperoleh pendapatan devisa untuk di akhirat kelak nanti karena kita dalam menjalankan usaha kita ini kita tetap memegang teguh kebudayaan ketimuran kita dan memegang teguh ajaran-ajaran agama kita ini.

Akhirul kalam saya ucapakan permohonan maaf apabila ada salah-salah kata dalam artikel ini saya hanya lah manusia yang masih perlu banyak belajar sehingga memiliki peluang untuk menyampaikan Informasi yang salah dan hanyalah satu zat yang tidak memiliki kesalahan yaitu hanya ALLAH SWT.

Salam Agnet of Changes Salam Persaudaraan Muslim dari saya
Arief Tri Setiaji,S.E



 

 
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate