Monday, September 15, 2014

KREATIF SIAPA TAKUT


free counters
 KREATIF SIAPA TAKUT 




Selamat pagi agan dan sista kembali lagi berjumpa dengan saya dalam blog tercinta kita ariefselter.blogspot.com. Pada pagi ini saya ingin sedikit bercerita perihal Kreatifitas nih agan dan sista dalam pembicaraan saya dengan kawan saya di warung kopi dimana beliau adalah pengusaha yang bergerak dalam dunia kreatifitas.

Sudah banyak karya yang telah diciptakan olehnya baik itu berupa desain-desain baju distro, desain – desain karakter pribadi yang dirubah menjadi karakter karikatur, dan desain-desain CV kreatif yang telah dibuatnya saat ini dimana sangat sekali membantu para Freshgraduated dalam memperoleh dunia pekerjaan yang di inginkannya melalui Ringkasan perihal Curicullum Vitae mereka gan yang dimana dikemas secara menarik.
Berasal dari pembicaraan tersebut saya mencari-mencari artikel atau pembahasan-pembahasan mengenai dunia kreatifitas dan Alhamdulillah ketemu nih gan dan ternyata dengan kreatifitas seorang manusia akan terbebas dari permasalahannya loh…???

Baik itu masalah keuangan ataupun masalah keluarga dalam mendidik anak – anak aaahhhh masa sih ?? (pasti dalam benak kalian berpikiran seperti itu) sama dengan saya awal saya mendapatkan artikel-artikel perihal kreatifitas ini. 

Ok gimana kalo kita memulai pembahasannya perihal kreatifitas dari sekarang ya gan dan sis kita awali dengan pembahasan berpikir kreatif ya gan  

Seperti yang telah diketahui oelh orang banyak Berpikir kreatif adalah Suatu proses berpikir yang menghasilkan kreatifitas baik itu berupa produk ataupun ide brilliant untuk memecahkan permasalahan.

 Kreativitas sangat penting untuk menyiasati segala keterbatasan yg kita miliki, baik itu untuk memecahkan masalah pada berbagai aspek kehidupan, sekaligus menghasilkan peluang atau karya - karya baru untuk memudahkan kehidupan kita. Kreativitas merupakan bahan bakar yg menghasilkan energi atau gairah

Dalam dunia kreatifitas tidak selalu  menghasilkan produk konkrit, tetapi meliputi seluruh aspek kehidupan, diantaranya berupa ide. Kreatifitas sangat penting untuk menyiasati segala keterbatasan yang kita miliki, memecahkan masalah pada berbagai aspek kehidupan, sekaligus menghasilkan peluang atau karya baru untuk memudahkan kehidupan kita. 

Oh ya gan dalam dunia Kreativitas tidak terbatas pada kreativitas besar (big ‘C’) yg sifatnya mahakarya seperti lukisan Da Vinci. Ada pula yg namanya kreativitas kecil (litle ‘c’), yaitu kecerdikan yg di gunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Seperti agan ketahui dimana sejak kita dilahirkan setiap orang memiliki daya kreativitas yg cukup tinggi dalam DNA-nya. Tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk menjadi kreatif. Setiap orang mampu memiliki KREATIFITAS yg tinggi karena dia menginginkannya dan disiplin untuk terus menciptakan ide-ide baru. 

Kreatifitas dapat meningkat atau sebaliknya yaitu dapat mengalami penurunan. Kreatifitas seseorang menurun karena tekanan hidup / stress akibat mengalami tantangan kehidupan maupun dilema, bekerja pada pekerjaan yng tidak disukai, karena terpaksa, dan bekerja pada level jauh di bawah potensi mereka sesungguhnya. Aktivitas yg berlebihan dapat menimbulkan kejenuhan. Kejenuhan membuat pikiran stagnan.
Namun tak perlu kuatir gan and sista karena daya kreatifitas itu ternyata juga dapat diasah dan kembali ditingkatkan loh, berikut ini beberapa tips-nya.

Langkah pertama adalah agan dan sista menciptakan tujuan yang jelas, catat tujuan – tujuan kehidupan agan dan sista dalam selembar kertas atau kalau DIPERLUKAN BINGKAIKAN TUJUAN-TUJUAN YANG AGAN DAN SISTA BUAT dalam sebuah bingkai agar dapat menghasilkan ide-ide yang jelas dan terarah ya agan dan sista maaf loh kalo saya mempergunakan huruf tebal dan besar. Bukan bermaksud untuk tidak sopan namun hanya sebagai tanda hal-hal penting saja ya gan ok mari kita balik lagi kedalam topic setelah kita menciptakan tujuan yang jelas dan ide-ide kreatif maka langkah selanjutnya adalah, fokus dalam melakukan tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Namun perlu agan dan sista ketahui betapapun cemerlangnya ide-ide kreatif yang Agan dan sista ciptakan nantinya TIDAK AKAN BERNILAI JUGA  jika agan dan sista belum pernah melaksanakan atau menguji atas setiap ide-ide kreatif yang telah agan dan sista hasilkan. 

Selanjutnya cara meningkatkan daya kreatifitas adalah kita mempelajari kemampuan fundamental yang Anda butuhkan. Sebelum kita melanjutkan mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan Kemampuan Fundamental yaitu  kemampuan – kemapuan yang kita miliki dimana dapat dijadikan sebagai langkah awal kita memperoleh kreatifitas kita.

Salah satu contoh yaitu Tingkat Pengetahuan kita & Pengalaman kita dalam memeperoleh ide-ide brilliant dan kreatifitas maka kita memerlukan Ilmu Pengetahuan yang tinggi dan Pengalaman kehidupan kita karena berdasarkan dasar fundamental diatas kita bisa menyelesaikan segala permasalahan dalam kehidupan kita.
Nah oleh karena itu agan dan sista berusahalah menyerap ilmu pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin di bidang yang sangat Anda minati, misalnya di bidang perdagangan, motivasi, bahasa, kedokteran, tehnik, dan lain sebagainya. 

Karena semakin banyak hal yang Anda ketahui maka semakin mudah Anda ciptakan kreatifitas yang bernilai jual tinggi. Salah satu contoh adalah Soegiharto Sosrodjojo, berpuluh tahun menggeluti dunia pertanian dan produksi teh kemudian menciptakan teh botol dan sekarang menjadi jutawan yang memimpin Sosro Group. Atau dengan Bob Sadino pengalaman berani keluar dari zona nyaman yaitu dunia kerja beliau yang kemudian beliau berjualan telor ayam dengan memberikan garansi atas telor produksinya tersebut kini beliau berhasil menjadi pengusaha telur organik dan fresh market yang dikenal saat ini atas kegigihan dan kreatifitasan dalam menyelsaikan permasalahan kehidupan. 

Syarat lain untuk meningkatkan daya kreatifitas adalah setiap hari fokus pada satu aktivitas kreatif. Janganlah agan dan sista menggeluti berbagai macam aktivitas kreativitas karena ilmu yang diperleh tidak akan maksimal dan hanya dasarnya saja dari berbagai jenis aktivitas kreativitas tersebut.

Nah gan apakah agan dan sista telah memahami maksud saya kalo belum saya akan memberikan contoh :
a.       Panggil saja Fulan A focus terhadap satu kegiatan aktivitas kreatifitas saja seperti desain baju seperti kawan saya diatas dengan beliau focus terhadap satu kegiatan aktivitas kreatifitas tersebut diatas maka dia bisa lebih memahami model- model desain baju dari bersifat kontemporer, bersifat urban, bersifat roker,bersifat feminim, bersifat elegan dan jenis-jenis baju lain-lainnya. Dengan memahami bentuk-bentuk desain-desain baju tersebut maka fullan dapat terjun keseluruh kalangan atas desain-desain bajunya yang telah dia pelajari karena dengan focus terhadap satu aktivitas kreativitas tersebut dengan sendirinya kita bisa menciptakan diferensiasi produk dalam hal ini produk pakaian. Sesuai dengan sifat-sifat desain yang ada didalam masayarakat.

b.      Panggil saja Fullan B yang tidak focus terhadapa satu kegiatan aktivisa saja atau bisa kita katakan Fullan B memepelajari 2 kegiatan aktivitas kreatifitas atau bahakn 3 kegiatan aktivitas kreatifitas tersebut kita contohkan Desain Baju, Dunia Komputer, dan Dunia Tari maka si fullan B memang akan memperolh ilmu ketiga aktivitas kreatifitas tersebut namun hanya dasarnya saja tidak bisa ke titik nadir pemahaman ketiga kegiatan aktivitas tersebut dikarenakan tidak fokus dan tingkat kesulitan setiap masing – masing aktivitas kreatifitas tersebut.

Seperti yang agan dan sista ketahui biasanya ide-ide kreativitas seketika muncul begitu saja pada saat seseorang keluar dari zona nyaman. Sebab pada saat itu ia terdesak untuk segera mendapatkan solusi atas masalah-masalah yang sedang dihadapi. 

Gimana gan apa sudah dapat memahami sejauh ini atas sharing ilmu kreatifitas yang saya coba paparkan diatas. Kalo belum Coba sekarang agan dan sista mengimajinasikan suatu keadaan dimana agan dan sista berada dalam kondisi terdesak hingga anda merasa tidak bisa menyelesaikan permasalahan tersebut gimana gan sudah dilakukan belum ya kalo sudah kini agan dan sista pikirkan solusi atas permasalahan - permasalahan tersebut kemudian tulislah apa yang ada dalam pikiran Anda atas solusi-solusi tersebut.
Siapa tau beberapa diantara imajinasi tersebut mungkin dapat menjadi ide kreatif andalan Agan dan sista dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Dan akhir dalam pembahasan saya ini sebagai penutupan sharing kali ini yaitu bila kebiasaan tersebut terus diulang, maka Anda akan terlatih atau terbiasa menciptakan aneka aktivitas kreatifitas dan solusi-solusi atas permasalahan-permasalahan di dunia ini.

Salam Perubahan
Arief tri Setiaji, S.E
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate