Tuesday, October 14, 2014

CASH FLOW TERNYATA MUDAH YA !



CASH FLOW TERNYATA MUDAH YA !

Assalamua’alaikum wr..wb…

Selamat pagi pada pagi hari ini saya ingin menorehkan perihal cashflow perusahaan. Hmmm sudah lama sekali ya saya tidak menulis perihal akuntansi dikarenakan saya lebih berfokus dalam penulisan dalam bidang usaha dan hobi saya serta perihal tempat kerja saya bekerja.

Ok kali ini yang saya ingin jelaskan perihal cashflow atau sering kita dengar dengan nama lainnya yaitu arus kas.

Bagi sebagian orang untuk memahami cashflow itu sangat lah ribet dan sulit di karenakan banyak hal yang harus dipahami terlebih dahulu perihal objek-objek apa sajakah yang dijadikan tempat alur kas perusahaan kita gan.

Sering kali dalam dunia real dan dunia kampus sangatlah berbeda dikarenakan masih banyak konsep alur kas yang dipergunakkan oleh perusahaan yang belum menerapkan konsep arus kas dunia atau berlandasrkan pada pedoman IFRS.

Dalam tulisan ini saya buat untuk dapat mempermudah agan dan sista dalam memahami apakah itu cashflow secara mudah. Baik mari kita mulai pembahasan perihal Cashflow ini dengan kita awali makna cashflow tersebut.

Pengertian Arus Kas (Cash Flow)  secara sederhana :

Pengertian Arus Kas (Cash Flow) Arus kas (cash flow) adalah suatu laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas  dan alur perjalanan kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode.

Pengertian Arus Kas (Cash Flow) Menurut PSAK No.2 (2002 :5)
 
Arus kas adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas. Laporan arus kas merupakan revisi dari mana uang kas diperoleh perusahaan dan bagaimana mereka membelanjakannya.
Laporan arus kas merupakan ringkasan dari penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan selama periode tertentu (biasanya satu tahun buku).

Fungsi Alur Kas (Cash Flow) :

Dalam memahami Alur kas ini ada beberapa hal utama yang perlu selalu diperhatikan yang mendasari dalam mengatur arus kas adalah memahami dengan jelas fungsi dana/uang yang kita miliki, kita simpan atau investasikan. Secara sederhana fungsi itu terbagi menjadi tiga yaitu :

·         Fungsi likuiditas, yaitu
Dana yang tersedia oleh perusahaan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dapat dicairkan dalam waktu singkat relatif tanpa ada pengurangan investasi awal. Sehingga tidak mempengaruhi tingkat likuiditas perusahaan.

·         Fungsi anti inflasi, yaitu
Dana yang disimpan oleh perusahaan dipergunakan  untuk menghindari resiko penurunan pada daya beli & tingkat pembayaran kewajiban perusahaan di masa datang yang dapat dicairkan dengan relatif cepat.

·         Capital Growth, yaitu
Dana yang ditempatkan diperuntukkan untuk penambahan/perkembangan kekayaan dengan jangka waktu relatif panjang.

Dalam dunia perusahaan Aliran kas sangat berhubungan dengan suatu proyek dan dimana aliran kas tersebut dapat di bagi menjadi tiga kelompok yaitu :

a)      Aliran kas awal (Initial Cash Flow)
merupakan aliran kas yang berkaitan dengan pengeluaran untuk kegiatan –kegitan investasi perusahaan misalnya;
a.       Pembelian tanah,
b.      Pembelian gedung,
c.       Pembelian saham dalam pasar saham
d.      Pembentukan Deposito perusahaan
e.       Pembelian Surat Hutang Negara
f.       biaya pendahuluan dsb. 

Aliran kas awal dapat dikatakan aliran kas keluar (cash out flow) dikarenakan dana perusahaan di keluarkan untuk dapat mempeoleh investasi tersebut dan baru dapat memperoleh keuntungan hasil dari sejumlah dana investasi yang dikeluarkan.

b)      Aliran kas operasional (Operational Cash Flow)
 
merupakan aliran kas yang berkaitan dengan operasional proyek perusahaan terdiri dari Biaya penjualan, biaya-biaya umum, dan Biaya administrasi perusahaan.

Oleh sebab itu aliran kas operasional merupakan aliran kas masuk (cash in flow) dan aliran kas keluar (cash out flow).

c)      Aliran kas akhir (Terminal Cash Flow)
Merupakan aliran kas yang berkaitan dengan nilai sisa proyek (nilai residu) seperti sisa modal kerja, nilai sisa proyek yaitu penjualan peralatan proyek.

Laporan arus kas (cash flow) mengandung dua macam aliran/arus kas yaitu CASH INFLOW & CASH OUT FLOW :
1. Cash inflow
Cash inflow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:

•    Hasil penjualan produk/jasa perusahaan.
•    Penagihan piutang dari penjualan kredit.
•    Penjualan aktiva tetap yang ada.
•    Penerimaan investasi dari pemilik atau saham bila perseroan terbatas.
•    Pinjaman/hutang dari pihak lain.
•    Penerimaan sewa dan pendapatan lain.

2. Cash out flow
Cash out flow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas. Arus kas keluar (cash out flow) terdiri dari :
·         Pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya pabrik lain-lain.
·         Pengeluaran biaya administrasi umum dan administrasi penjualan.
·         Pembelian aktiva tetap.
·         Pembayaran hutang-hutang perusahaan.
·         Pembayaran kembali investasi dari pemilik perusahaan.
·         Pembayaran sewa, pajak, deviden, bunga dan pengeluaran lain-lain.
Laporan arus kas ini memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas dari perusahaan dari suatu periode tertentu, dengan mengklasifikasikan transaksi berdasarkan pada kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.
Mengapa kita perlu membuat cash flow company ?
Berikut saya berusaha untuk menjabarkan manfaat-manfaat yang akan kita peroleh apabila kita membuat alur cash flow yang baik.

Dalam menyusun estimasi cash flow dalam perusahaan sangat berguna bagi beberapa pihak terutama manajemen dan pengambil keputusan Diantaranya:

1) Data alur cash flow dapat Memberikan Informasi seluruh perencana penerimaan kas yang berhubungan dengan rencana keuangan perusahaan dan transaksi yang menyebabkan perubahan kas.
2)      Sebagian dasar Data Alur Kas perusahaan dipergunakan untuk menaksir berapa besar  kebutuhan dana untuk masa yang akan datang dan untuk dapat memperkirakan jangka waktu pengembalian kredit perusahaan sehingga perusahaan tidak sampai mengalami keterlambatan dalam pembayaran kredit tersebut dan menambah beban lebih besar dari denda yang diberikan oleh pemberi kredit tersebut akibta perusahaan terlambat membayarkan kewajiban perusahan mereka.
3)  Membantu menager dan pengambil keputusan ( decision maker ) untuk mengambil keputusan kebijakan financial.
4)  Untuk kreditur dapat melihat kemampuan perusahaan untuk membayar kredit yang diberikan kepadanya.

Dalam kelebihan – kelebihan diatas alur kas juga memiliki keterbatasan dalam melaporkan data – data sehingga data yang dihasilkan tidak sepenuhnya mengimnformasi keadaan sesungguhnya perusahaan tersebut berikut keterbatasan – keterbatasan yang di miliki oleh alur kas tersebut.

1.      Komposisi penerimaan dan pengeluaran yang dimasukan dalam cash flow hanya yang bersifat tunai.
2.  Perusahaan hanya berpusat pada target yang mungkin kurang fleksibel dalam pencapaian target tersebut.
3.  Apabila terdapat perubahan pada situasi internal maupun eksternal dari perusahaan yang dapat mempengaruhi estimasi arus kas masuk dan keluar yang seharusnya diperhatikan, maka akan terhambat karena manager hanya akan terfokus pada budget kas yang tersedia misalnya; kondisi ekonomi yang kurang stabil, terlambatnya customer dalam memenuhi kewajibanya. 

Dalam  aturan standar akuntansi dengan nomor PSAK No.2 (2002:9) Laporan arus kas harus melaporkan arus kas selama periode tertentu yang diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

Apakah yang dimaksud dengan Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi, & Aktivitas Pendanaan yang tercantum dalam standar akuntansi PSAK No.2 (2002;9) ?

Aktivitas Operasi
Aktivitas operasi adalah suatu aktivitas perusahaan yang dapat menimburkan pendapatan dan beban dari operasi utama suatu perusahaan. 

Karena itu aktivitas operasi dapat mempengaruhi laporan laba rugi, yang dilaporkan dengan dasar akrual. Sedangkan laporan arus kas melaporkan dampaknya terhadap kas. 

Arus masuk kas terbesar dari sisi aktivitas operasi  berasal dari pengumpulan kas dari langganan. Arus masuk kas yang kurang penting adalah penerimaan bunga atas pinjaman dan dividen atas investasi saham. Arus keluar kas operasi meliputi pembayaran terhadap pemasok atau vendor - vendor yang memiliki kerjasama oleh perusahaan dan karyawan ( berupa Gaji, THR, Biaya kesehatan karyawan, Dana Pensiun Karyawan, dan Dana Jamsostek Karyawan), serta pembayaran bunga dan pajak.

Aktivitas Investasi

Dalam aktivitas ini memiliki fungsi untuk  meningkatkan dan menurunkan aktiva jangka panjang yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatannya operasional perusahaan. 

Aktivitas – aktivitas yang biasa dilakukan dalam plot aktivitas investasi dalam alur kas perusahaan ini terdiri atas Pembelian atau penjualan aktiva tetap seperti tanah, gedung, atau peralatan merupakan kegiatan investasi, atau dapat pula berupa pembelian atau penjualan investasi dalam saham atau obligasi dari perusahaan lain.

Pada laporan arus kas kegiatan investasi mencakup lebih dari sekedar pembelian dan penjualan aktiva yang digolongkan sebagai investasi di neraca. Pemberian pinjaman juga merupakan suatu kegiatan investasi karena pinjaman menciptakan piutang kepada peminjam. Pelunasan pinjaman tersebut juga dilaporkan sebagai kegiatan investasi pada laporan arus kas.

Aktivitas Pendanaan

Dalam Aktivitas pendanaan perusahaan  meliputi kegiatan untuk memperoleh kas atau tambahan kas dari investor dan kreditor yang diperlukan untuk menjalankan dan melanjutkan kegiatan perusahaan.
Kegiatan pendanaan tersebut mencakup pengeluaran saham, peminjaman uang dengan mengeluarkan wesel bayar dan pinjaman obligasi, penjualan saham perbendaharaan, dan pembayaran terhadap pemegang saham seperti dividen dan pembelian saham perbendaharaan. Pembayaran terhadap kreditor hanyalah mencakup pembayaran pokok pinjaman.
Nah gimana gan kini sudah mulai memahami perihal alur kas atau biasa kita kenal dalam dunia usaha yitu cash flow jadi disaat kita ditanya perihal apa itu cash flow agan dan sista jangan sampai salah memberikan jawabnnya ya.
Ok sekian dulu ya pembahasan perihal cash flow diatas saya sebagai admin sekaligus penulis mengucapakan terima kasih kepada agan dan sista atas apresiasi yang agan dan sista berikan untuk mengunjungi blog saya dan meluangkan waktu untuk membaca artikel-artikel yang saya tuliskan dalam blog tersebut.
Dan tak lupa juga saya mengucapkan permohonan maaf kepada agan dan sista apabila dalam menyampaikan tulisan diatas ada kata-kata yang salah karena saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan hanya ALLAH SWT sang pencipta yang memiliki kebenaran paling hakiki dan tidak pernah salah akhirul kalam salam perubahan dan selamat beraktivitas kembali.
Salam Ekonom Muda
 Arief Tri Setiaji, S.E
 
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate