Thursday, February 10, 2011

Makna Logo IB ( Islamic Bank )


Makna Logo IB ( Islamic Bank ) 

Logo memegang peranan sangat penting. Salah satu kemampuan tercepat manusia dalam memahami sesuatu adalah melalui visualisasi gambar atau lambang yang diterjemahkan sebagai logo. Untuk itu, visi perbankan syariah akan menjadi lebih cepat dipahami melalui peranan logo.
Arti logo bagi perusahaan selain sebagai lambang juga berfungsi sebagai identitas yang mewakili karakter dari suatu perusahaan. IB sebagai induk dan regulator dari bank-bank syariah di Indonesia harus mampu lebih berperan. Bertepatan dengan HUT Bank Indonesia ke-54 tepatnya pada tanggal 2 Juli 2007 Logo IB diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia.
Diresmikannya logo IB di harapkan bisa menjadi logo yang mewakili identitas industri perbankan syariah di Indonesia, memudahkan masyarakat untuk mengenali Layanan Syariah di seluruh Indonesia dan memberi keyakinan dan rasa nyaman bagi masyarakat, yaitu dengan adanya logo berarti produk dan layanan bank sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah (adil, seimbang, menjaga kebaikan sosial, beretika).
Bagi perbankan syariah, pemasangan logo iB akan sangat membantu strategi komunikasi bank syariah dalam mencitrakan dirinya sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem perbankan syariah yang solid, terintegrasi dan tertata dengan baik dalam kerangka dual-banking system Arsitektur Perbankan Indonesia serta kebijakan perekonomian nasional.
Logo iB mencerminkan kristalisasi nilai-nilai keseimbangan, keteraturan dan kesempurnaan. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa sepanjang perjalanan zaman, manusia sangat mengagumi keteraturan semesta ciptaan Tuhan. Kemudian manusia berusaha mengintepretasi ke-Mahasempurnaan disain dan rancangan tersebut melalui bentuk-bentuk geometris yang memadukan guratan seni dan kecermatan ilmu pengetahuan. Pencarian terhadap kesempurnaan itu teraktualisasi dalam beragam bentuk geometris yang mencoba untuk menyerap aspek-aspek keseimbangan, keteraturan, presisi matematis dan perubahan yang terus menerus menuju keparipurnaan.
Harapan terakhir adalah logo ini mampu memberi nilai tambah bagi bank. Dengan memasang logo, berarti telah menjadi bagian dari sistem perbankan syariah Indonesia yang kokoh, teratur, terpadu dan terus berkembang.
Penjelasan detail dari Logo IB dipaparkan dalam penjelasan berikut ini:
Ornamen Grafis:
Bentuk dari kristalisasi nilai-nilai keseimbangan, keteraturan, presisi matematis dan perubahan yang terus-menerus menuju keparipurnaan.
Warna:
Biru mewakili profesionalitas dan integritas.
Merah mewakili kedinamisan.
Jingga mewakili kehangatan yang mencerminkan pribadi yang ramah dan rendah hati.
Hijau mewakili suatu hasrat yang terus tumbuh dan berkembang.
Putih mewakili sistem perbankan yang bersih dan transparan selaras dengan prinsip syariah.


Ada lagi beberapa pertanyaan nasabah, “Apa hubungannya Perbankan Syariah dengan kependekan IB”…… , kalau IB itu kepanjangan dari Islamic Banking, ada lagi pertanyaan baru….kenapa tidak menggunakan bahasa indonesia ataupun bahasa arab. Kalo dengan bahasa Indonesia, jelas donk…itu mencirikan kalo bank syariah yang beraktifitas di Indonesia dan mencirikan dirinya sebagai bank-nya masyarakat Indonesia.
Dari permasalahan-permasalahan diatas, melalui tulisan ini saya akan mencoba memberikan kontribusi melalui strategi bisnis yang dinamakan integrated brand communication. Sebuah strategi yang bertujuan menciptakan dan meningkatkanbrand awarness perbankan syariah. Dengan begitu, maka brand perbankan syariah dapat terekam jelas di benak customer. Juga, akan terjadi peningkatan jumlahcustomer baru yang loyal dan berpengaruh. Alhasil, aset perbankan syariah akan meningkat hingga mencapai target pasar yang diinginkan.
Selain penerapan visualisasi brand, perbankan syariah juga perlu melakukanbrand activation atau aktivasi brand yang terarah sesuai dengan segmen pasar yang akan dituju. Aktivasi brand ini bertujuan meningkatkan jumlah customer baru yang loyal terhadap perbankan syariah melalui penciptaan brand perbankan syariah yang kuat, dengan menghadirkan keterlibatan customer.
Sehingga semua hal yang disampaikan diatas merupakan tanggung jawab bersama dari semua stake holder baik yang beraktifitas di kegiatan perbankan syariah maupun regulator. Hal ini menjadi tolak ukur awal dalam memajukan perekonomian syariah di Indonesia.
kunjungi juga informasi IB di 

Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate