Monday, October 27, 2014

TIPS – TIPS MEMBUAT LOGO PERUSAHAAN YANG MUDAH DIKENANG OLEH MASYARAKAT



TIPS – TIPS MEMBUAT LOGO PERUSAHAAN
YANG MUDAH DIKENANG OLEH MASYARAKAT

Selamat Pagi agan dan sista…

Masih TETAP PADA SEMANGAT KAN…

Pada pagi hari ini saya akan berbagi ilmu perihal logo secara umum logo adalah sebuah lambang identitas yang dipergunakan oleh sebuah komunitas ataupun perusahaan. Pada pagi ini saya ingin berbagi ilmu perihal Tips – tips dalam membuat  logo perusahan kepada agan dan sista sekalian.

Selamat membaca…..

Logo bagi perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai identitas perusahaan dalam setiap produk yang diproduksi. Logo perusahaan lebih pada visi misi yang ingin dibangun untuk masa depan dimana menggambarkan visi misi perusahaan saat ini, dan akan berkembang menuju yang ingin dicapai dengan berbagai citra yang akan dibawanya.

Sebuah Logo perusahaan yang dalam proses pembuatannya diperoleh dari nilai-nilai perusahaan itu sendiri akan memunculkan keunikan yang berbeda dengan perusahaan lain. Sehingga logo perusahaan yang terbentuk akan semakin unik dan pasti berbeda dengan logo perusahaan lainnya.

Kalo kita lihat dari sudut masa umurnya, pada umumnya desain logo perusahaan lebih panjang umurnya daripada logo UKM ataupun logo produk. Logo perusahaan membutuhkan banyak pertimbangan terkait terutama core utama dalam bisnis, Tujuan (goal)  dan arah pengembangan perusahaan ke depan. Sehingga bila ada perubahan pada perusahaan,maka logo tersebut dapat mengakomodasi perubahan tersebut. Namun bila tidak, biasanya perusahaan akan memperbarui desain logonya.

Perusahaan pada umumnya memilih mendesain logo menjadi bagian dari branding, karena desain logo adalah wajah dari brand perusahaan yang ingin dibangun. Untuk itulah banyak perusahaan ketika mendesain logo atau mengganti desain logonya selalu dikatakan melakukan branding / rebranding.

Dalam Membuat logo perusahaan jangalah agan dan sista berpikiran untuk membuat sebuah logo perusahaan yang sederhana? Mengapa? Seperti yang telah saya jelaskan dalam pembukaan artikel ini dimana logo perusahaan menjadi salah satu alat branding untuk sebuah bisnis.

Seperti yang telah kita ketahui agan dan sista dimana sebuah Logo Perusahaan dapat menggambarkan apa dan bagaimana perusahaan kita. Apakah memiliki sifat Sederhana, rumitkah, komplekskah, atau menarikkah, Setiap sisi sifat ini yang muncul dalam implementasi sebuah logo ini bisa membuat penilaian yang berbeda - beda dari masyarakat itu sendiri. 

Logo memang tidak membutuhkan banyak tempat yang luas untuk ditempatkan logo tersebut, namun saat sebuah logo sudah diletakkan pada sudut dari sebuah konten bisnis, itulah saatnya masyarakat memberikan penilaian terhadap bisnis kita. Lalu bagaimana cara membuat sebuah logo yang bisa selalu dikenang?

    

a.   Simple dan Mudah Diingat

Bagi pengusaha pemula, Logo dan Merek merupakan salah satu hal yang penting untuk dipikirkan. Dimana seorang pemula harus membayangkan usahanya akan berkembang dan menjadi besar sehingga diperlukan pula logo dan nama yang sangat luar biasa atau paling tidak bisa merepresentasikan nama besar usaha anda nantinya. 

Namun bukan berarti harus membuat logo dan merek yang begitu rumit. Buatlah logo dan nama usaha yang simple namun mudah diingat orang. Mengapa disarankan untuk membuat desain logo yang simple dan mudah di ingat. Saya akan jelaskan dengan sebuah contoh logo perusahaan dunia seperti Adventurers Indonesia dalam logo ini berisikan 3 anak muda menggunakan ransel dan berada dipuncak gunung dimana dapat memberikan suasana petualangan yang mendebarkan dan pada akhir petualangan tersebut adalah sebuah suasana yang tidak bisa dibayangkan membahagiakan setiap orang dan Penuh petualangan dan tantangan.

Dengan desain simple tersebut adventurers Indonesia sudah dapat memberikan Informasi ini adalah perusahaan jasa travel dimana berisikan,outbountraining,snorkeling, rafting dimana  menciptakan pengalaman-pengalaman dalam liburan yang luar biasa dibandingkan dengan jasa-jasa travel lainnya dimana hanya memberikan jasa memberikan panduan wisata dalam kota ataupun luar kota.

b.  Unik dan cerdas

Sebuah logo apapun itu tentu dituntut untuk bisa diciptakan dengan konsep yang unik dan cerdas. Para desainer pun harus bekerja keras mengasah kreatifitas mereka untuk bisa menciptakan sebuah desain logo yang menarik dan juga informatif untuk siapa saja yang melihatnya. Pastikan logo yang dibuat unik, menarik, informatif dan cerdas. Untuk sebuah bisnis, desain logo yang unik dan cerdas haruslah dibuat dengan pertimbangan yang sangat matang. Karena sebuah logo akan menjadi alat untuk mempromosikan bisnisnya. Jadi jangan biarkan desain logo Anda hanya biasa saja. Sederhana memang tidak dilarang, tapi tanpa mengurangi estetika dan isi yang cerdas dari desain logo tersebut.

 

c.   Mengandung Filosofi

Dalam membuat sebuah logo perusahaan tak jarang pemula membuat logo atau merek usaha yang mengandung filosopi. Misalnya saja merek sebuah usaha yang sekaligus mengandung doa. Atau logo yang tepat untuk menggambarkan sesuatu sehingga orang yang melihatnya bisa memahami makna yang terkandung dalam logo tersebut.

 

d.  Memahami merek

Dalam membuat desain logo untuk sebuah produk tidaklah mudah. Kita harus terlebih dahulu mengetahui dan memahami terlebih dahulu merek dan jenis produk yang akan kita buatkan logonya. Eiitt… agan dan sista juga jangan lupa terhadap Target dari produk tersebut juga penting diperhatikan sebelum agan dan sista memulai membuat logo. Hingga kemudian diilustrasikan pada sebuah desain logo.

 

e.   Fleksibel

Dalam melakukan perancangan logo hal yang perlu diperhatikan  adalah sisi fleksibelitas sebuah desain tersebut. Mengapa perlu diperhatikan sisi fleksibelitasan desain tersebut memiliki tujuan untuk  tidak membuat customer yang melihatnya sulit untuk mengartikan atau mengenali logo dari produk apakah itu. Sebaiknya logo juga benar – benar menggambarkan merek atau produk yang akan kita pasarkan.
Seperti contohnya yaitu logo dari Fedex. Sebuah logotype sederhana dengan twist. Desain logo dari fedex sendiri mampu memanfaatkan ruang negatif untuk membuat panah yang berkonotasi dengan kecepatan, ketepatan dan arah. Selain itu penulisan huruf “Ex” yang menggunakan warna berbeda yang mengklasifikasikan jenis pengirimannya.

 

f.    Jangan berharap akan instan

Sebuah desain logo yang akan selalu diingat dan dikenang oleh masyarakat tidak dengan mudah dan dalam waktu yang singkat mampu dibuat. Para desainer akan bekerja keras dalam belajar bagaimana mengamati konsep, mencari cara – cara baru, hingga pada akhirnya kembali menganalisa desain logo tersebut dengan pasar yang ada.

Memang terlihat bukan tugas dari seorang desainer untuk menganalisa pasar. Tapi kita sebagai  desainer harus memeiliki pengetahuan bagaimana dan apa yang sedang menjadi trend dimasyarakat. Dan akhirnya dapat kita  implementasikan pada desain logo yang akan kita buat. Dan tak perlu kecewa disaat customer kita meminta untuk dilakukan revisi terhadap ikon-ikon yang terdapat dalam logo yang kita buat.

 

g.   Pergunakan konsep ATM (Amati,Tiru & Modifikasi)

Maksud dalam dalam tips terakhir ini adalah dimana agan dan sista dapat mempergunakan failitas internet untuk mencari referensi contoh-contoh desain yang tersebar di dunia maya.  Ini adalah salah satu pengaruh dari perkembangan teknologi. 

Para desainer bisa menemukan referensi tentang sebuah desain logo yang ada di rana online. Mereka juga bisa menggunakan tools untuk membantunya dalam membuat desain logo dengan mudah dan menarik. 

Eiittt…ingat jangan menduplikasi logo orang karena itu menyalahi etika dalam berbisnis dan bisa diancam hukuman dan dapat diadili loh gan soo….oleh karena itu agan dan sista alangkah lebih baikknya amati desainnya,konsepnya dan maknanya tiru idenya kemudian modifikasi desain logo tersebut. Sehingga menciptakan logo baru sesuai yang agan dan sista inginkan.

Ok agan dan sista sekian dulu ya berbagi ilmu dalam bidang jasa pembuatan logo perusahaan ini semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk agan dan sista untuk dapat lebih berkreasi lagi dalam menerapkan ide-ide kalian dalam bentuk sebuah logo atau merk tersebut.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya telah mengunjungi blog saya jangan lupa agan dan sista berikan komentnya juga ya untuk artikel ini karena dengan berbagi maka ilmu kita akan terus bertambah.


Salam Wirausaha Muda
Arief Tri Setiaji,S.E
Share:

1 komentar:

Deni Ardianto said...

thank gan atas informasinya,,,

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate