Monday, May 12, 2014

Sejarah, Visi & Misi AJB Bumiputera 1912

free counters



Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912

Assalamu’alaikum wr..wb….

Salam persaudaraan muslim saya haturkan pertama kali diatas kepada para sahabat blogku yang setia selalu bersama saya ariefselter.blogspot.com. Agan dan sista pasti telah taukan kalo saya telah selama 2 tahun pindah kerja ke Asuransi Bumiputera 1912 dimana sebelumnya saya belajar terlebih dahulu perihal COA dan PSAK serta IFRS di Perusahaan Software Accounting Accurate dan Di lembaga Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) selama 2 Tahun juga.

Kini saya ingin berbagi cerita sejarah perusahaan dimana kini saya BERNAUNG MENCARI NAFKAH untuk keluarga tercinta saya dan calon anak saya kelak.

Asal mula saya bergabung ke perusahaan AJB bumiputera ini saya diberitaukan Orang Tua saya adanya lowongan pekerjaan disana untuk bagian Internal Auditor dan Keuangan saya tertarik sehingga saya segera mengirimkan surat lamaran pekerjaan dan di Test disana testnya terdiri dari Dasar Akuntansi,B.inggris,Dan Auditing masih ingat jelas dalam benak saya dan tidak lupa sejarah AJB Bumiputera 1912 yang saya ceritakan dalam bahasa inggris.

Untuk mengingat masa – masa tersebut dan rasa bangga saya Bernaung dalam perusahaan Asuransi PERTAMA di Indonesia yang berdiri SEJAK ZAMAN PENJAJAHAN BELANDA yaitu pada tanggal 12 Februari 1912 di Magelang,Jawa Tengah dengan nama Onderlinge Levensverzekering Maatschapij PGHB (bahasa Belanda) disingkat dengan O.L Mij. PGHB atau lebih dikenal dengan bahasa Inggrisnya Mutual Life Insurance (Asuransi Jiwa Bersama).

Sejak awal perusahaan ini hingga usianya kini yaitu 102 Tahun AJB Bumiputera 1912 tetap berbentuk Mutual yaitu dimana Saham Kepemilikannya adalah seluruh PEMEGANG POLIS AJAB BUMIPUTERA 1912.

Saat itu saya mencari bebarafa sumber referensi perihal sejarah AJB Bumiputera 1912 untuk dapat saya conversationkan saat ujian test disana dana WOWW…SAYA MENEMUKAN SEBUAH INFORMASI YANG SANGAT MEMBUAT SAYA MASUK DAN DAPAT IKUT MEMAJUKKAN PERUSAHAAN INI KELAK.
Informasi apakah itu ????
Pasti dalam benak kalian sobatku…

Informasi sejarah tersebut adalah :
1.      AJB bumiputera ini dibentuk  pertamakali atas dasar keputusan dalam Sidang Kongres Perserikatan Guru-guru Hindia Belanda yang pertama di Magelang.
2.      Salah satu pendiri Perusahaan ini adalah Salah satu Pejuang Nasional Seorang Sekretaris Persatuan Guru –Guru Belanda dan sekaligus Seketaris I Pengurus Besar Budi Utomo
3.      Perusahaan AJB bumiputera 1912 dimiliki oleh seluruh Pemegang polis bukan dalam bentuk Saham dalam point ke 3 ini sangat terlihat sangat NASIONALIS dan CINTA TERHADAP KAUM PRIBUMI hingga umur 102 Tahun kini.
4.      Dan Informasi terakhir adala dimana Awal Modal Pembentukkan perusahaan ini berawal dari saldo 0 (NOL) sen.

Karena 4 (Empat) informasi diatas lah yang membuat saya bertekad ingin memajukkan perusahan ini kelak meskipun banyak kawan-kawan saya yang berkata antum adalah pengurus organisasi nasional berbasiskan ekonomi syariah yang memegang peran dalam sisi pendanaan organisasi tersebut kenapa antum tidak bekerja di dunia syariah.

Jujur Bukannya saya tidak mau bekerja di dunia ekonomi syariah beberapa kali saya ajukkan lamaran ke beberapa bank syariah namun saya sedikit kecewa dahulu dikarenakan alas an saya kuliah S2 saya tidak mendapatkan kesempatan bekerja disana.

Ya saya hanya bersyukur dan tidak pernah patah semangat karena ternyata di dalam perusahaan ini selalu memegang teguh sisi keislaman dalam beberapa transaksi dan berasaska takaful (kekeluargaan) dimana sistem dalam perusahaan ini berasaskan saling membantu untuk mengcover seluruh pemegang polis antar sesame pemegang polis selain itu perusahaan ini TIDAK DIMILIKI OLEH PIHAK ASING

Sehingga dengan sepenuh hati saya bergabung dalam perusahaan ini. Sekian saya ceritakan awal kisah bumiputera mari kini kita memasuki ranah sejarah AJB Bumiputera 1912.

PENDIRI :

1. Mas Karto Hadi (M.K.H) Soebroto, sebagai Direktur.
2. Mas Ngabehi (M.Ng) Dwidjosewojo, sebagai Presiden Komisaris.
3. Mas (M) Adimidjojo, sebagai Bendahara.

AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan asuransi jiwa nasional yang pertama dan tertua di Indonesia. Perusahaan asuransi ini terbentuk pada tanggal 12 Februari 1912, di Magelang, Jawa Tengah, dengan nama Onderlinge Levensverzekering Maatschapij PGHB (bahasa Belanda) disingkat dengan O.L Mij. PGHB atau lebih dikenal dengan bahasa Inggrisnya Mutual Life Insurance (Asuransi Jiwa Bersama). Dengan bentuk badan usaha yang seperti ini, maka pemilik perusahaan adalah Para Pemegang Polis.O.L Mij PGHB didirikan berdasarkan keputusan dalam sidang pada Kongres Perserikatan Guru-guru Hindia Belanda yang pertama di Magelang, saat itu pesertanya hanya terbatas pada kalangan GURU-GURU saja. Para peserta kongres pun menyambut positif. Jumlah peserta yang terdaftar sebagai anggota O.L Mij. PGHB, baru 5 orang.


Dengan bertambahnya anggota, maka para pengurus sepakat untuk meruubah nama perusahaannya. Berdasarkan Rapat Anggota/Pemegang Polis di Semarang, November 1914, nama O.L Mij. PGHB diubah menjadi O.L Mij. Boemi Poetra.
Pada tahun 1942 ketika Jepang berada di Indonesia, nama O.L Mij. Boemi Poetra yang menggunakan bahasa asing segera diganti. Maka pada tahun 1943 O.L Mij. Boemi Poetra kembali diubah namanya menjadi Perseroan Pertanggungan Djiwa (PTD) Boemi Poetra, yang merupakan satu-satunya perusahaan asuransi jiwa nasional yang tetap bertahan. Namun karena dirasa kurang memiliki rasa kebersamaan, maka pada tahun 1953 PTD Boemi Poetra dihapuskan. Dan, hingga sekarang terkenal dengan nama Asuransi Jiwa Bersama (AJB) di depan nama Bumiputera 1912 yang merupakan bentuk badan hukum.
Permodalan AJB Bumiputera 1912
AJB Bumiputera 1912 memulai usahanya dengan modal awal nol sen. Dengan demikian, perusahaan asuransi ini berbentuk onderling atau mutual (Usaha Bersama), karena perusahaan dapat didirikan tanpa harus menyediakan modal lebih dahulu. Uang yang diterima perusahaan untuk pertama kalinya berasal dari kelima peserta kongres PGHB yang menjadi O.L Mij. PGHB. Syarat utamanya dalah bahwa ganti rugi tidak akan diberikan kepada ahli waris pemegang polis yang meninggal sebelum polisnya berjalan selama tiga tahun penuh. Perusahaan ini hanya mengutamakan pembayaran premi sebagai modal kerjanya dan tidak mendapatkan honorarium bagi para pengurusnya, sehingga mereka bekerja dengan sukarela.

FALSAFAH AJB BUMIPUTERA 1912

Sebagai perusahaan perjuangan, Bumiputera memiliki falsafah sebagai berikut :

1.      Idealisme
Senantiasa memelihara nilai-nilai kejuangan dalam mengangkat kemartabatan anak bangsa sesuai sejarah pendirian Bumiputera sebagai perusahaan perjuangan.
2.      Kebersamaan
Mengedepankan sistem kebersamaan dalam pengelolaan perusahaan dengan memberdayakan potensi komunitas Bumiputera dari, oleh dan untuk komunitas Bumiputera sebagai manifestasi perusahaan rakyat.
3.      Profesionalisme
Memiliki komitmen dalam pengelolaan perusahaan dengan mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dan senantiasa berusaha menyesuaikan diri terhadap tuntutan perubahan lingkungan.

VISI & MISI AJB BUMIPUTERA 1912
Visi
Menjadikan AJB Bumiputera 1912 sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Nasional yang kuat, modern dan menguntungkan.
Didukung oleh sumber daya manusia  (SDM) profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai idealisme serta mutualisme.
Misi
1. AJB Bumiputera 1912 menyediakan pelayanan dan produk jasa asuransi jiwa berkualitas sebagai wujud partisipasi dalam pembangunan nasional melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
2. AJB Bumiputera 1912 senantiasa mengadakan pendidikan dan pelatihan untuk menjamin pertumbuhan kompetensi karyawan, peningkatan kesejahteraan, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan perusahaan kepada pemegang polis.
3. AJB Bumiputera 1912 mendorong terciptanya iklim kerja yang motivasif dan inovatif untuk mendukung  proses bisnis internal perusahaan yang efektif dan efisien.
Dengan Visi Misi diatas serta sejarah AJB Bumiputera 1912 diataslah yang membuat saya ingin membuat artikel secara khusus dengan dikelompokkan secara khusu dalam nama AJB Bumiputera 1912  ini.
Saya menulis artikel ini bertujuan untuk dapat memberikan sumber Informasi yang akurat perihal perusahaan AJB Bumiputera 1912 dan dapat membangkitkan Jiwa nasionalis Bangsa Indonesia sehingga turut serta mempertahankan Perusahaan nasional ini terus Berbentuk Mutual dan turut serta membeli polis asuransi yang kami hadirkan kedalam masyarakat Indonesia demi mempertahankan warisan leluhur bangsa Indonesia dan merupakan Pejuang Kemerdekaan Bangsa Indonesia Yaitu Pendiri Budi Utomo.

Penulis
Arief
TEAM ANGGARAN PERUSAHAAN & SIRKULASI KEUANGAN
DEPARTEMEN KEUANGAN AJB BUMIPUTERA 1912




Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate