Friday, April 22, 2011

RI Punya Ratusan Ilmuwan di LN


RI Punya Ratusan Ilmuwan di LN

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia saat ini punya ratusan ilmuwan yang sedang bekerja baik sebagai peneliti maupun menempati posisi eksekutif di perusahaan berteknologi tinggi. Ilmuwan itu di sejumlah negara maju di Asia, Australia, Eropa dan Amerika Serikat.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Fasli Jalal mengatakan hal itu saat beraudiensi dengan perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) sedunia yang dihadiri oleh Staf Ahli Presiden bidang Luar Negeri, Dino Patti Jalal, Fisikawan Prof Yohanes Surya, dan Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan di Jakarta, Selasa (11/8).
Ia mengatakan, kehadiran perwakilan PPI sedunia untuk menyampaikan hasil simposium yang telah dilaksanakan pada Juli 2009 lalu tentang pembentukan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) sebagai wadah pertama dan terbesar bagi kaum intelektual Indonesia di luar negeri.

Selain para ilmuwan Indonesia juga memiliki potensi 40 ribu mahasiswa di luar negeri yang sedang menuntut ilmu sarjana hingga doktoral di berbagai negara.

"Bila komponen-komponen ini bersatu, yakni ilmuwan dan mahasiswa, maka bisa menjadi potensi berkualitas karena mereka umumnya masih muda-muda dan disenangi karena kemampuan yang dimiliki," katanya.

Sementara itu, Fisikiawan Prof Yohanes Surya yang juga formatur di Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional mengatakan, bersama para pelajar dan ilmuwan Indonesia yang berada di luar negeri pihaknya bertekat mengirimkan 3.000 ilmuwan ke luar negeri setiap tahun karena potensi masyarakat Indonesia yang begitu besar untuk dikenal di dunia.

"Hingga 2030 nanti kita mengharapkan bisa mengirim 30 ribu ilmuwan ke mancanegara dengan harapan pada suatu saat akan kembali ke Tanah Air untuk membangun negara," katanya.

Sementara anggota formatur I-4 lainnya, Anis Bawesdan yang juga Rektor Universitas Paramadina mengatakan, dukungan dari Depdiknas khususnya Ditjen Dikti membuktikan adanya keterbukaan yang luar biasa.

Anis Baswedan mengatakan, pelajar di luar negeri memiliki kelebihan dalam kemampuan membangun jaringan internasional, kemampuan menggunakan bahasa dunia, serta umumnya memiliki sikap profesional karena tuntutan lingkungan serta kesadaran untuk mengharumkan nama bangsa.

Ia mengingatkan, orang tua tidak perlu takut menyekolahkan anaknya di luar negeri karena kekhawatiran lunturnya rasa nasionalisme. "Tidak akan terjadi sebab justru pelajar yang sedang berada di luar negeri memiliki kecintaan yang tinggi terhadap negerinya dan memandang persoalan di Tanah Air secara lebih peka"
Sumber : http://www.inilah.com/read/detail/140714/URLKARIKATUR
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Blog Archive

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate

Blog Archive