Sunday, April 19, 2015

Mari Mengenal Lebih Dalam Program Microsoft Excel

free counters
Mari Mengenal Lebih Dalam Program Microsoft Excel

Halo agan dan sista apa kabar sudah lama ana tidak menulis sebuah artikel dalam blog ana ini hari ini ana ingin berbagi ilmu perihal Microsoft office excel nih gan and sista. Jika agan dan sista sudah sering  menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik yang 2003, 2007, 2010 maupun yang versi terbaru, maka pasti Anda sudah tidak asing lagi menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel yang ada dalam aplikasi tersebut.
Namun agan dan sista akan timbul beberapa pertanyaan apabila ana seorang pemula yaitu sebagai berikut :

1.      Bagaimana jika Saya masih belum pernah belajar excel dalam ilmu komputer ?
2.      Bagaimana jika Saya masih belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti yang akan dijelaskan sekarang ini.?

Atas masalah tersebut maka ana mencoba menshare ilmu ana perihal program excel ini dalam Topik global yaitu “Mari Mepelajari Ilmu Excel” dalam topic global tersbut terdapat berbagai ilmu perihal excel untuk para agan dan sista yang masih taraf pemula.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu agan dan sista harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, ana rasa agan dan sista  bisa lebih berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Untuk langkah awal mari kita mengenal kode-kode operator dasar matematika dalam program Microsoft office Excel sebelum kita melanjutkan pembahasan perihal rumus-rumus dalam MS Excel ini gan.

Perlu kita ketahui RUMUS merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam  Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

Operator Matematika yang Sering Digunakan 

No
Operator
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
+ (ikon plus)
Penjumlahan
=A1+A2
2
- (ikon minus)
Pengurangan
=B1-B2
3
* (ikon bintang)
Perkalian
=C1*C2
4
/ (ikon garis miring)
Pembagian
=D1/D2
5
^ (ikon caret)
Pangkat
=E1^2 (angka berapapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2
6
% (ikon persen)
Prosentase
=F1*10% (gunakan sesuai dengan kebutuhan)

Gimana gan and sista sampai pembahasan diatas masih mudah dipahami kan. Setelah kita mengenal jenis-jenis operator matematika yang sering di gunakan maka hal selanjutnya adalah mengenal FUNGSI atau RUMUS EXCEL.

Berikut ini adalah rumus-rumus dasar yang sering dipergunakkan dalam  Microsoft office excel :

No
Rumus
Fungsi
Contoh Penggunaan
1
Average
Mencari Nilai Rata -Rata
=Average(A1:A15) atau =Average(A1:H1)
2
Sum
Mencari Nilai Total Data
=Sum(A1:A15) atau =Sum(A1:H1)
3
Max
Mencari Nilai Tertinggi dari sekumpulan data
=Max(A1:A15) atau =Max(A1:H1)
4
Min
Mencari Nilai Terendah daris ekumpulan data
=Min(A1:A15) atau =Min(A1:H1)
5
Count
Mengetahui Jumlah Data dari suatu range
=Count(A1:A15) atau =Count(A1:H1)
6
If
Jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu
=IF(C1="K";"Kawin";IF(C1="TK";"TidakKawin";IF(C1="K/1";"Kawin/Anak 1"))) Penjelasan : Jika Kolom C1 di isi dengan Huruf K maka akan timbul status “Kawin” namun apabila Kolom C1 di isikan TK atau K/1 maka akan timbul status “Tidak Kawin”  atau Kawin/anak 1

Gimana gan dan sista sudah mencoba masing – masing rumusnya kan gimana sekarang sudah pada bisa kan. Alhamdulillah kalo agan dan sista kini sudah pada bisa semoga ilmu ini bermanfaat bagi agan dan sista dalam bekreasi rumus excel kedepannya.
Catatan :
Apabila menurut agan ilmu ini bermanfaat mohon dapat di share kedalam media social yang agan dan sista miliki karena ilmu bukanlah untuk kita simpan sendirian namun sebuah ilmu itu untuk kita sampaikan dan ajarkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Salam Persaudaraan Muslim
Arief Tri Setiaji,S.E
 
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate