Monday, September 1, 2014

MARI MENGENAL APA ITU PENGANGGARAN ??


free counters


MARI MENGENAL APA ITU PENGANGGARAN ??

Halo Agan dan sista Selamat pagi

Gimana pagi ini masih pada semangat kan ?

Pada pagi hari ini saya ingin berbagi perihal Penyusunan anggaran nih semoga artikel ini dapat mempermudah kalian dalam membuat tugas penganggaran kalian di dunia perkuliahan ataupun sebagai landasan dasar kalian dalam membuat laporan anggaran perusahaan

Seperti yang agan dan sista ketahui penyusunan anggaran merupakan proses pembuatan rencana kerja dalam rangka waktu satu tahun, yang dinyatakan dalam satuan moneter dan satuan kuantitatif orang lain.

Di dalam dunia perkantoran Penyusunan anggaran sering juga diartikan sebagai perencanaan laba (proft planing). Dalam perencanaan laba, manajemen menyusun rencana operasional yang implikasinya dinyatakan dalam laporan laba rugi jangka pendek dan jangka panjang, neraca kas dan modal kerja yang selalu diproyeksikan dimasa yang akan mendatang.

Dengan memiliki tujuan untuk melukiskan jumlah anggaran dan proses dalam penyusunan anggaran.

Untuk dapat memudahkan kita dalam memahami dalam penyusunan anggaran dapat kita umpamakan dengan sebuah proyek pembangunan gedung berlantai Enam puluh Lima Tingkat. Untuk membangun gedung tersebut memerlukan jangka waktu empat tahun. Gedung tersebut akan dibangun berdasarkan cetak biru (blue print) dan berdasarkan rencana biaya yang dibuat oleh seorang arsitek.

Nah gimana gan and sista sejauh ini masih dapat memahami betapa pentingnya dalam melakukan penyususnan anggaran yang valid dan terkontrol kan dengan perumpamaan pembangunan sebuah gedung bertingkat diatas karena dengan tanpa ada pengawasan dan anggaran yang valid dan terhitung secara baik maka akan membuat gedung diatas akan mengalami berbagai kemungkinan yaitu GEDUNG TIDAK SELESAI DALAM WAKTU 4,5 TAHUN ATAU RESIKO PALING BERBAHAYA YAITU RUNTUHNYA GEDUNG AKIBAT ADANYA KEBOCORAN ANGGARAN AKIBAT KORU[SI BAHAN-BAHAN BANGUNAN TERSEBUT.


Ok mari kita lanjutkan pembahasannya seperti yang diketahui oleh agan dan sista untuk dapat kita mengaplikasikan pembangunan gedung berlantai 65 lantai tersebut maka dalam Setiap bulan perlu dibuatkan anggaran biaya untuk pedoman dalam pelaksanaan kerja dalam setiap kegiatan pembangunan bagian gedung tersebut, sehingga keseluruhan pekerjaan gedung tersebut dapat terlaksana sesuai dengan blue print yang telah direncanakan dengan rencana biaya yang telah disusun sebelum proyek pembangunan gedung tersebut dilaksanakan.

Nah begitu pula dalam Sistem Pengelolaan perusahaan tidak jauh berbeda dengan pengelolaan suatu proyek pembangunan gedung yang dimana telah saya coba paparkan dijelaskan diatas. Untuk jangka waktu tertentu.
Baik mari kita aplikasikan dalam pengelolaan anggaran perusahaan agan dan sista kita umpamakan Perusahaan memiliki Tujuan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek yang dimana telah ditentukan oleh manajemen puncak mari kita contohkan sebagai berikut :



Contoh Kasus :

Saya berikan satu kasus dalam penentuan anggaran dalam perusahaan yaitu diawali dengan pihak Manajemen Puncak perusahaan (X) menetapkan pembangunan perusahaan dengan jangka waktu lima sampai sepuluh tahun pembangunan perusahaan tersebut,

Seperti yang agan dan sista ketahui langkah selanjutnya yaitu pihak manajemen puncak menetapkan kearah mana perusahaan akan dijalankan yup betul berarti pemikiran kita sama ya.ok mari kita lanjutkan contoh kasusnya lagi ya gan dan sista setelah manajemen puncak meneteapkan kearah mana perusahaan akan dijalannkan maka langkah selanjutnya yaitu  Manajemen puncak menyusun dan merancang semacam blue print perihal  kondisi – kondisi apa yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang.

Patut kita kehaui Blue print ini dapat berisikan  program – program perusahaan jangka panjang seperti pangsa pasar, produk dan teknologi produksi, keuangan, kepegawaian, citra perusahaan, sistem inforrnasi manajemen, budaya perusahaan dan lain sebagainya.

Kemudian Manajemen mengalokasikan sumber daya yang ada untuk setiap program yang disusunnya. Untuk menjamin seluruh program tersebut terlaksana dengan baik, setelah manajemen mengalokasikan sumber daya yang kompeten setiap rencana yang telah dibuat telah terdistribusikan maka langkah selanjutnya pihak manajemen menyusun anggaran yang berisi rencana kerja tahunan dan taksiran nilai sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan rencana kerja tahunan dan taksiran nilai sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan rencana kerja tersebut.

Dalam proses penyusunan anggaran tersebut, pihak manajemen puncak menunjuk  manajer yang akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan rencana kerja yang telah disusun tersebut kemudian dialokasikan berbagai sumber daya yang diperlukan kepada manajer yang bersangkutan.

Anggaran menjamin pelaksanaan rencana kerja dengan biaya yang sesuai dengan yang direncanakan dalam anggaran. Dengan demikian penyusunan anggaran dimaksudkan untuk memberikan jaminan pencapaian blue print tentang program jangka panjang, yang mencakup pangsa pasar, produk dan teknologi produksi,kepegawaian, keuangan, citra perusahaan, sistem informasi manajemen, budaya perusahaan dengan biaya sesuai dengan yang dianggarkan sebelumnya.

Anggaran disusun oleh manajemen dalam jangka waktu satu tahun membawa perusahaan ke kondisi tertentu yang diinginkan dengan sumber daya yang diperkirakan.

Dengan anggaran, maka manajemen dapat mengarahkan jalannya perusahaan kesuatu kondisi tertentu. Timbul sebuah pertanyaan Mungkinkah perusahaan dijalankan berdasarkan anggaran yang dibuat tidak berdasarkan program jangka Panjang ? Mungkin saja manajemen hanya menyusun anggaran tahunan, tidak menyusun anggaran jangka panjang.

Dalam hal demikian, daIam jangka panjang perusahaan sebenarnya tidak berjalan kearah manapun. Kalau misalnya setelah lima tahun perusahaan semacam ini mencapai posisi persaingan sebagai market leader, pencapaian posisi bukan hasil suatu usaha yang terencana, namun lebih sebagai suatu kebetulan.

Proses penyusunan anggaran merupakan proses penyusunan rencana jangka pendek, yang dalam perusahaan berorientasi laba, pemilihan rencana didasarkan atas dampak rencana kerja tersebut terhadap laba. Oleh karena itu sering sekali proses penyusunan anggaran sering sekali disebut sebagai penyusunan rencana laba jangka panjang (short-run profit planning). Untuk memungkinkan manajemen puncak melakukan pemilihan rencana kerja yang berdampak baik terhadap laba, manajemen menggunakan teknik analisa biaya-volume dan laba yang telah tersedia dilapangan sesuai jenis perusahaan yang dimiliki.

    nah gan semoga penjelasan singkat dan contoh kasus perihal proses penentuan anggaran dalam perusahaan ini bisa dipahamai dengan baik ya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam pemaparan proses penuyusunan anggaran dan makna yang terkandung dalam anggaran perusahaan tersebut sehingga tidak boleh disusun secara asal-asalan karena bisa mengakibatkan kegagalan usaha atau resiko paling besar yaitu kebangkrutan usaha dan bisa disamakan dalam pembangunan sebuah gedung diatas dengan hancurnya gedung atau gedung mengalami kegagalan pembangunan yang dikarenakan tidak disusun perencanaan secara baik.

ok agan dan sista salam perubahan dari saya 

arief.tri.setiaji S.E


Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate