Thursday, November 19, 2015

MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRODUK YANG DIHASILKAN PERUSAHAAN










MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP
PRODUK YANG DIHASILKAN PERUSAHAAN

Assalamu’alaikum wr..wb…

Selamat pagi agan dan sista pada hari ini saya ingin berbagi pengalaman coaching wirusaha mandiri saat waktu kuliah. Kali ini yang akan saya bahas adalah loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen sangat diperlukan untuk dapat memberikan jaminan atas berjalannya proses bisnis perusahaan. Dan ilmu yang diberikan kepada saya sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha saya waktu itu hingga kini berdasarkan hasil usaha insya allah akan membangun 3 buah Rumah untuk saya sewakan. 

Seperti yang telah kita ketahui berdasarkan hasil Deklarasi Cebu yang merupakan  salah satu hasil dari KTT ASEAN yang ke-12 pada Januari 2007 lalu dimana telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN perihal  awal dimulainya perdagangan bebas baik barang maupun jasa, investasi, tenaga kerja profesional, dan juga aliran modal (dana) di kawasan ASEAN atau yang sering kita sebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan dimulai sejak awal 2015 ini.

Berdasarkan deklarasi cebu tersebut maka sangat pentinglah perusahaan – perusahaan Indonesia dapat terus

berbenah dan bereformasi untuk dapat meningkatkan pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan nasional agar dapat terus berjalannya proses bisnis perusahaan nasional di Indonesia dan dapat bersaing dengan perusahan- perusahaan sejenis yang akan masuk ke Indonesia dan menjadi pesaing bisnis kelak.

Dalam artikel ini berdasarkan keadaan pasar diatas maka saya tertarik untuk melakukan share ilmu perihal caranya membangun loyalitas konsumen atas perusahaan kita. Loyalitas konsumen merupakan keuntungan terbesar bagi para pengusaha.  Jadi tidak mengherankan bila loyalitas tersebut dijadikan TARGET UTAMA dalam berbisnis. Karena dengan terciptanya loyalitas konsumen yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kabar baik bagi perkembangan bisnis kedepannya.

Bagaimanakah cara menciptakan loyalitas konsumen tersebut dalam keadaan pasar bebas ASEAN yang telah berjalan saat ini ?

Sebelum kita membahas cara menciptakan loyalitas konsumen mari kita bahasa terlebih dahulu makna loyalitas konsumen terlebih dahulu yang dimaksud dengan loyalitas konsumen adalah terciptanya kepercayaan dan komitmen para pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, kepercayaan dan komitmen pelanggan diatas disebabkan  konsumen mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. 

Keadaan seperti itu tentu sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha, sebab konsumen yang sudah loyal dan puas atas kualitas dengan sebuah produk atau jasa akan melakukan pembelian secara rutin terhadap produk agan dan sista miliki. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi AGEN-AGEN PEMASARAN terbaik bagi bisnis agan dan sista dengan melalui testimoni pelanggan kita atas produk-produk yang kita hasilkan akan menjadi nilai positif dipasar.

Nah gimana gan and sis sudah taukan begitu pentingnya perusahaan kita memiliki pelanggan yang loyal terhadap produk kita ataupun jasa yang kita berikan.

Ok agan dan sista mari kita lanjutkan pembahasan perihal loyalitas konsumen ini untuk topik selanjutnya adalah strategi-strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk-produk perusahaan kita.
Strategi – strategi apa saja yang harus dilakukan dan perlu diperhatikan untuk membangun loyalitas konsumen ?  dibawah ini saya mencoba menjabarkan 15  strategi untuk dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kita.

1. Strategi Pertama ciptakan produk berkualitas.

Didalam stretegi pertama ini hal yang perlu kita perhatikan adalah  hasil akhir produk ataupun jasa yang memiliki nilai lebih pada produk Anda. Ciptakanlah produk yang dimana konsumen selalu membutuhkan produk atau jasa Anda, berikan solusi yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen didalam produk anda ataupun jasa yang anda berikan. 

Dengan begitu bisnis Anda akan selalu dicari para konsumen. Ingat, bahwa penggunaan produk atau jasa secara rutin, akan mengarahkan konsumen semakin loyal dengan bisnis Anda.

Pastikan produk yang kita jual memiliki kualitas yang baik. Kita harus bisa melakukan perbaikan dari kualitas produk kita terus menerus, lakukan monitoring dari proses produksi sehingga produk yang sampai ke tangan konsumen merupakan produk yang berkualitas. Ingatlah poin ini: konsumen akan mudah beralih ke pesaing atau ke produsen lain ketika kualitas produk kita menurun.

Oleh karena itu lakukanlah survey kecil-kecilan perihal kenyamanan konsumen disaat mempergunakan produk kita ataupun jasa yang kita tawarkan kebeliau.

2. Strategi Ke Dua Berikanlah Layanan Berkualitas kepada konsumen

Dalam strategi ke dua ini perlu diketahui Loyalitas konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan atas pelayanan yang kita berikan kepadanya. Oleh karena itu upayakan untuk selalu dapat mengontrol kualitas produk maupun kualitas pelayanan yang agan dan sista ditawarkan. Baik itu dari segi pelayanan Pengiriman ataupun sistem pembayaran produk dan jasa anda dan jangan lupa perhatikan pula harga produk yang Anda tawarkan, sebab harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi konsumen.

“Layanan merupakan jasa yang mendukung proses penjualan produk kita. Memberikan layanan yang baik ke konsumen adalah langkah yang perlu dilakukan agar konsumen datang lagi membeli produk kita”. 

3. Strategi Ke Tiga Ciptakan Produk ataupun Jasa Yang Memiliki Kelebihan Lebih dibanding Pesaing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk ataupun jasa yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap),teknologi lebih canggih, harga (lebih murah) ataupun hal lainnya bisa dalam bentuk rasa ataupun kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen supaya tidak beralih ke pesaing (competitor) dan selalu setia membeli produk kita.

4. Strategi  Ke Empat Selalu Melakukan Inovasi Berkelanjutan Terhadap Produk & jasa Yang Di Ciptakan

Didalam Perdagangan bebas kawasan ASEAN ini Indonesia akan kedatangan beribu-ribu produk yang lebih menprioritaskan produk-produk inovasi dan berbasiskan teknologi canggih. Oleh karena itu produk yang perlu dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan PASAR DUNIA bukan RUANG LINGKUP NASIONAL lagi oleh karena itu diperlukan inovasi yang akan dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan. 

Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), Sitem Pemasaran secara online, Jasa Layanan, cara pengiriman barang ataupun cara berkomunikasi (marketing). Perlu digarisbawahi bahwa kini masyarakat telah BERALIH dari GAYA BERKUNJUNG KE MALL atau TEMPAT PERBELANJAAN menuju BELANJA DENGAN SISTEM ONLINE oleh karena itu kita sebagai pebisnis kita perlu melakukan inovasi berkelanjutan dari produk dan layanan kita terutama di era internet saat ini.

5. Strategi ke Lima Buat Komunitas Atau Forum Khusus Untuk Para Pelanggan Agan Dan Sista

Dalam stretegi kelima ini seorang pelanggan akan merasa dekat dan akan terjalin keterikatan batin dengan produk ataupun tim management kita ini dengan cara  membuat kegiatan rutin atau forum khusus untuk para pelanggan Anda. 

Langkah awal yang bisa agan dan sista lakukan yaitu dengan mendata seluruh member Anda baik itu data nomor telepon yang dapat dihubingi, e-mail yang aktif, dan hobi yang paling disukai oleh pelanggan serta jenis pekerjaan.

Dengan data tersebut agan dan sista dapat mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan hobi, provider telepon dan pekerjaan pelanggan.Ajak para konsumen untuk menjadi member tetap, dengan menawarkan keuntungan yang menarik konsumen berdasarakan hobi dan jenis pekerjaan mereka.

Nah agan dan sista itu 5 strategi awal untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan atas produk anda. Insya allah akan saya lanjutkan strategi-strategi lainnya untuk dapat menciptkan loyalitas pelanggan lainnya dilain waktu.

Akhir kata saya ucapkan permohonan maaf apabila ada salah-salah kata dalam menyampaikan informasi semua kesalahan ada didiri saya dan kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT.
Wassalamu’alaikum wr..wb

Salam Persaudaraan Muslim
Arief Tri Setiaji

Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate