Thursday, November 19, 2015

Mari Membangun dan Mengelola Brand Perusahaan Menuju Penguasa Pasar Keuangan Indonesia




Mari Membangun dan Mengelola Brand Perusahaan Menuju Penguasa Pasar Keuangan Indonesia


free counters

Assalamu’alaikum wr..wb….

Selamat pagi sahabat bloger-ku di aku cinta keuangan syariah apa kabar kalian semuanya, kangen saya untuk dapat terus menuraikan tulisan berisikan berbagai makna yang dapat merubah persepsi manusia seputar brand perusahaan.

Dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat seperti sekarang ini baik itu usaha yang berbasiskan konvensional ataupun usaha berbasiskan syariah peran sebuah merek menjadi sangat penting untuk menjadi pemimpin pasar. Pasalnya, atribut – atribut kompetisi lainnya relatif mudah ditiru oleh pesaing.

Merek (Brand) merupakan nama atau simbol yang dipergunakkan oleh perusahaan dan memiliki sifat untuk dapat membedakan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Merek memberi tanda pada konsumen mengenai produk atau jasa yang diwakilinya dan melindungi konsumen maupun produsen dari pesaing (competitor) yang berusaha memberikan produk yang tampak identik / sama.

Merek (Brand) adalah salah satu faktor kesuksesan dalam sebuah bisnis. Branding dapat diartikan sebagai produk nantinya akan dikenal oleh masyarakat, dan bagaimana cara produk dapat sampai ke konsumen. Tentu semua bisnis menginginkan mereknya bisa dikenal oleh masyarakat luas dan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Karena merek adalah hal pertama yang akan keluar dibenak konsumen ketika ingin membeli suatu produk.

Dengan demikian, perusahaan harus secara kontinu mengelola brand equity (ekuitas merek) sebagai salah satu intangible asset-nya. Merek yang prestisius adalah merek yang memiliki brand equity kuat sehingga memiliki daya tarik yang besar di mata konsumen.

Namun dalam upaya membangun brand equity yang kuat hal yang harus dilakukan adalah menciptakan brand image perusahaan yang baik, dalam menciptakan brand image perusahaan ada beberapa faktor pendukung yang patut kita ketahui.

Menurut Keller, 2003 Tiga (3) faktor utama yang dapat berpengaruh pada usaha pencitraan brand image perusahaan yang kita lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Favorability of brand association / Keunggulan asosiasi merek.
  2. Strength of brand association / Familiarity of brand association / Kekuatan asosiasimerek
  3. Uniquesness of brand association / Keunikan asosiasi merek
Mari kita mengenal 3 faktor diatas satu persatu ya agan dan sista :

1.Favorability of brand association / Keunggulan asosiasi merek.

Merupakan faktor pembentuk brand image, dimana produk tersebut unggul dalam persaingan baik dipasar nasional ataupun dunia.

Contoh :
Oliver Footwear merupakan penghasil alas kaki terbesar di Australia. Produknya adalah sepatu bot tinggi untuk tempur, sepatu tinggi untuk pemadam kebakaran. Sepatu bot yang diproduksi awal tahun 1990-an ini sekarang menjadi salah satu model sepatu terbaik di Australia. Kelebihan sepatu ini adalah kualitas yang unggul baik dalam hal model maupun kenyamanan pada saat di pakai. Sepatu ini berusaha untuk terus mempertahankan “gaya gagah dan watak sederhana“.

Atau di INDONESIA yang dikenal atas keunggulan kualitas dari segi model, kenyamanan dan cirri khas alas kakinya yaitu Sepatu Cibaduyut hingga kini daerah Cibaduyut dijadikan tempat persinggahan para wisatawan asing maupun nasional untuk dapat membeli sepatu disana dengan kualitas mendunia.

Hal tersebut tercipta karena keunggulan kualitas dari segi model, kenyamanan dan ciri khas sepatu yang dihasilkan itulah yang menyebabkan sepatu ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi berbagai kalangan jenis konsumen.

2.Strength of brand association / Familiarity of brand association / Kekuatan asosiasi merek

Contoh membangun kepopuleran merek dengan strategi komunikasi melalui periklanan : Hotel Shangri-la sebagai hotel bintang lima yang berhasil menampilkan diri sebagai merek hotel yang berkualitas di wilayahnya pada tahun 1990-an ataupun Teh botol SOSRO.

Strategi yang digunakan adalah dengan melakukan kampanye iklan dengan slogan : “Kemana lagi kecuali ke Shangri-La ?”  dan apapun makanannya Teh botol SOSRO minumannya.

Dalam faktor kedua ini lebih menjelaskan dimana setiap merek perusahaan itu selain bagus tagline yang di keluarkan namun juga harus MEMILIKI JIWA. Oleh karena itu kita suatu sebagai pemilik merek ataupun yang bekerja dalam lembaga keuangan ataupun perusahaan harus memiliki rasa kepemilikkan dan turut serta dapat mengungkapkan jiwa yang dimiliki oleh lembaga keuangan, perusahaan ataupun produk yang kita pasarkan tersebut dengan cara , mensosialisasikan jiwa/ kepribadian tersebut dalam satu bentuk iklan, ataupun bentuk kegiatan promosi dan pemasaran lainnya. 

Hal itulah yang akan terus menerus menjadi penghubung antara produk/merek dengan konsumen. Dengan demikian merek tersebut akan cepat dikenal dan akan tetap terjaga ditengah–tengah maraknya persaingan dalam usaha yang sama.

Dalam faktor kedua ini makna yang bisa kita peroleh adalah :

“Membangun popularitas sebuah merek (brand) menjadi merek yang terkenal tidaklah mudah. Namun demikian, popularitas adalah salah satu kunci yang dapat membentuk brand image konsumen.”

Nah agan dan sista gimana mudah dipahamikan atas penjelasan yang saya sampaikan perihal bagaimana caranya kita dapat membangun brand yang memiliki brand equity yang kuat didalam masyarakat. Ok mari kita lanjutkan kedalam faktor terakhir yaitu faktor ketiga dalam hal membangun brand image perusahaan yang baik didalam masyarakat yaitu faktor Uniquesness of brand association / Keunikan asosiasi merek
3. Uniquesness of brand association / Keunikan asosiasi merek

Keunikan merek atas suatu produk atau sesuatu yang menjadi nilai lebih dari produk lain, merupakan hal yang mesti di miliki oleh produk yang dihasilkan oleh lembaga perusahaan agan dan sista.

Sebagai salah satu contoh adalah usaha Negara Singapura yang dimulai pada tahun 1970-an, di mana Negara ini berusaha serius terlibat dalam dunia pariwisata. Pada tahun itu, Singapura sadar akan keberadaannya yang tidak memiliki kekuatan besar untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata. Salah satu kendala terbesar adalah faktor minimnya dana.

Kendala lainnya adalah:
  1. Citranya sebagai Negara tujuan liburan sangat rendah bagi kebanyakan negara Barat yang saat itu menjadi pasar yang kuat di sektor pariwisata.
  1. Agenda moderenisasi perkotaan pemerintah yang tidak sesuai dengan janji pelayanan orang asing yang unik yang biasanya dicari para wisatawan.
Sedangkan kelebihan yang dimiliki oleh Negara ini adalah: lokasi yang sangat strategis dan keberadaan singapura yang merupakan gudang serta pertokoan bebas bea cukai terbaik di Asia Tenggara.
Usaha yang dilakukan Negara Singapura dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya adalah dengan menciptakan keunikan–keunikan yang menarik perhatian masyarakat, antara lain :
  1. Memberikan pajak yang kecil pada semua rekening hotel dan restoran pada organisasi–organisasi yang mendukung, berhubungan dengan sektor pariwisata.
  1. Kampanye global untuk pertama kalinya yang diadakan oleh Dewan Pariwista pada tahun 1980-an. Sasaran utamanya adalah lalu lintas pengunjung di pasar–pasar Barat yang terpilih. Slogan yang di pilih adalah “Pulau Tropis yang Paling Mengagumkan di Dunia“.
  1. Lima macam iklan dengan variasi dan gambar yang berbeda–beda dimuat dan dirotasikan pada majalah–majalah populer sepanjang tahun.
  1. Lima publikasi beruturut–turut setiap minggu. Metode tersebut berhasil. Pemasangan iklan tersebut mampu menumbuhkan ingatan tentang Singapura bagi para pembaca baik dalam maupun luar negeri.
Para pembaca merasa bahwa Singapura sedang berbicara kepada mereka setiap minggunya. Iklan tersebut sangat menarik dimana ditampilkan keunikan–keunikan Singapura sebagai Pulau Tropis yang paling mengagumkan. Keunikan tersebut sangat menarik perhatian dan terus diingat oleh pembaca.


Selain iklan pada majalah, dibuat pula brosur-brosur yang juga memuat keunikan Singapura. Berikut salah satu contoh isi brosur “Apa yang dapat anda lakukan di singapura yang tidak dapat dilakukan di tempat lain? Pesiar sore hari dengan perahu Jung Cina model lama, makan malam, dilayani di bawah cahaya lampu lentera ketika kaki langit menghilang ditelan senja? Kopi Minggu pagi dengan kicauan burung berbulu bintik–bintik? Minum kopi dengan orang utan yang suka berkelakar seperti orang di sebelah Anda… ”.

Singapura terus berjuang untuk mengembangkan dunia pariwisatanya dengan menonjolkan keunikan yang dimilikinya. Klimaksnya slogan”Pulau Tropis yang Paling Mengagumkan di Dunia“ diganti menjadi “Singapura yang Mengagumkan“. Dan hasil dari usaha berkesinambungan dari Pemerintah Singapura membuahkan hasil, pada tahun 2000, sektor pariwisata menyumbang hampir US $ 6 milyar pada perekonomian Singapura.

Diakhir tulisan ini hal yang dapat kita simpulkan adalah dengan terciptanya brand image yang kuat akan memberikan nilai ekuitas yang tinggi atas brand tersebut sehingga akan memberikan 7 MANFAAT UTAMA yaitu :
  1. Terciptanya Pengembangan – Pengembangan produk – produk inovatif di dalam perusahaan tersebut yang memebrikan kenyamanan dan pelayanan tinggi kepada customernya.
  2. Menciptakan konsumen yang loyal atas brand perusahaan kita sehingga mereka merasa hanya merek perusahaan kitalah yang cocok didalam hatinya
  3. Mempermudah dalam melakukan perekrutan tenaga-tenaga kerja yang berpotensial dan memiliki kualitas dunia dimana dapat memberikan kemajuan perusahaan tersebut.
  4. Mempermudah untuk mendapatkan investor baru dalam hal mengembangkan produk baru
  5. Menjadi penguasa pasar
  6. Dapat memperkecil nilai marketing yang besar dikarenakan telah TERCIPTANYA BRAND IMAGE yang baik di pangsa pasar.
  7. Dapat memberikan perbedaan yang mencolok atas produk yang sama dimana yang dihasilkan oleh competitor perusahaan kita.
Nah akhirnya sampai juga ke penghujung tulisan ini semoga artikel ini dapat memberikan masukkan yang baik perihal bagaimana caranya membuat brand image yang baik untuk perusahaan kita. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya dengan membaca artikel saya ini salam persaudaraan muslim dan senyum hangat dari saya.

Arief Tri Setiaji
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate