Tuesday, August 11, 2015

Disaat Hati dan Jiwa manusia Tertutup dari kebenaran Bagaimana Seharusnya Sosialisasi Keuangan Syariah ?

free counters
Disaat Hati dan Jiwa manusia Tertutup dari kebenaran
Bagaimana Seharusnya Sosialisasi Keuangan Syariah ?

 Assalamu’alaikum wr…wb…
 Berbicara tema artikel diatas timbul berbagai ide tulisan yang ingin dijadikan bahan tulisan karena dalam hal sosialisasi keuangan syariah itu banyak caranya. Namun sebagai masyarakat muslim di Indonesia seharusnya kita tidak perlu khawatir atas tingkat pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

 Mengapa tidak perlu khawatir ? 

 Ya hal itu dikarenakan sesungguhnya telah banyak sistem ataupun tata cara keuangan syariah telah berlaku di Indonesia sehingga agan dan sista tak perlulah khawatir sehingga muncullah pikiran negatif perihal pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia.

 Selain itu pula perlu kita pahami atas ayat al-quran sebagai berikut :

.إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka,” (Ar Raad : 11).

Dalam ayat tersebut tersiratkan bahwa ALLAH SWT tidak akan pernah merubah nasib suatu kaum terkecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Dalam hal ini bisa kita pergunakan dalam hal sosialisasi sistem keuangan syariah di Indonesia.

 Seberapapun ngoyonya kita mensosialisasikan sistem keuangan syariah namun dalam hal ini masyarakat Indonesia masih belum mau melakukan perubahan atas sistem yang lama yaitu keuangan konvensional menjadi sistem keuangan syariah, maka tidak akan pernah terjadi perubahan tersebut.

 Mengapa bisa terjadi seperti itu ?

 Hal ini patut kita tanyakan kepada hati kita sendiri masing-masing apakah kita ini memang mau berubah menjadi lebih baik dan sesuai dengan ajaran manual book perihal , tata niaga, hubungan manusia antara pencipta maupun sesame manusia dan makhluk hidup, pemerintahan, hukum, yang dimana telah tertulis dengan lengkap di dalam Al-quran ya karim yaitu kitab suci umat manusia.

 Apabila kita memang benar mau melakukan perubahan dan menerapkan aturan-aturan islam secara hakiki maka sesungguhnya kemakmuranlah yang akan menghampiri diri kita selain itupula keberkahan dan rahmat ALLAH SWT tidak akan pernah sirna dari setiap langkah kehidupan kita.

 Dan seperti yang patut agan dan sista ketahui pada prinsifnya Islam mengakui semua kegiatan ekonomi manusia yang halal -kegiatan yang sesuai dengan jiwa Islam. Perniagaan, mitra usaha perdagangan, koperasi, perusahaan, saham bersama, adalah kegiatan dan operasi ekonomi yang halal (Q.S. Al-Baqarah 2:275).

 Tapi Islam mengatur kegiatan niaga yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa semua hal ini akan dilaksanakan dengan jujur tulus dan bermanfaat. Nabi berkata: “Adalah bersama nabi-nabi saudagar yang tulus dan jujur, demikian pula orang yang setia dan syahid.” (HR. Tirmidzi)

Prinsip dasar yang telah ditetapkan Islam mengenai perdagangan dan niaga adalah memiliki tolak ukur sebagai berikut :
  1. Berdasarkan kejujuran,
  2. kepercayaan, dan ketulusan.
  3. Adanya pelarangan bersumpah palsu
  4. Dilarang mengelabui konsumen
  5. Dilarang memberikan takaran yang tidak benar
  6. Dan didasarkan itikad baik dalam setiap transaksi bisnis.
 Dan kini yang terjadi di negeri ini telah mulai menjauhi dari unsur – unsur diatas. Kini makin banyak pengusaha yang melakukan penipuan dari hal bahan-bahan produksi yang dipergunakan hingga menipu dalam hal mengurangi takaran barang yang dijualnya.


Sehingga hal ini membuat ALLAH SWT murka atas umatnya dan mengunci mata hati mereka. Sesungguhnya apabila nabi Muhammad SAW tidak meminta berdoa agar umatnya tidak di timpakan bencana seperti kaum yang terdahulu maka sudah lama ALLAH akan menghukum umat Nabi Muhammad SAW seperti kaum-kaum terdahulu yang tidak menggubris apa yang telah diajarkan oleh Rasulullahnya kepada umatnya. Hal ini telah tercantum dalam ayat Al-Quran sebagai berikut :

 “Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman. Allah telah mengunci mata hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.” (Qs. Al-Baqarah [2]:6-7).

 Dari pembahasan diatas maka dapat kita simpulkan seberapa besar kuat keinginan kita untuk mensosialisasikan sistem keuangan syariah maka dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut :
  1. Sosialisasi sistem keuangan syariah tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak dilakukan secara terseturktur dan terencana dengan baik.
  2. Sistem keuangan syariah tidak akan dapat tersosialisasi dengan baik apabila tidak ada kesungguhan dalam diri masing-masing umat dalam melakukan perubahan sistem ekonomi syariah.
  3. Sistem keuangan syariah tidak akan dapat tersosialisasikan dengan baik apabila hati setiap manusia di negeri ini masih tertutup atas kebenaran Al-quran sebagai pedoman hidup mereka.
Untuk akhir artikel ini hal yang dapat saya sampaikan adalah dimana sesungguhnya mari kita perbaikilah terlebih dahulu keimanan kita terlebih dahulu karena sesungguhnya disaat hati kita sudah sesuai dengan ajaran agama islam maka akan sangat mudah kita dapat mensosialisasikan sistem keuangan syariah di negeri ini.

Akhir kata saya ucapkan permohonan maaf apabila dalam menyampaikan informasi didalam artikel ini menyinggung hati agan dan sista sekalian. Sesungguhnya kesalahan tersbut hanyalah ada di diri saya dan segala kebenaran tersebut hanyalah miliki ALLAH SWT.

Salam Persaudaraan Muslim
Arief Tri Setiaji S.E
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate