Friday, May 3, 2013

PERAN WIRAUSAHA DALAM MEMBANGUN BANGSA


free counters



 PERAN WIRAUSAHA DALAM MEMBANGUN BANGSA
By Created : Arief Tri Setiaji,SE
Mahasiswa Magister Akuntansi STIE Y.A.I
04 Mei 2013



Assalamu'alaikum wr..wb..
Selamat Pagi agan-agan dan sista-sista, lama kita tak bersua ya......
Saya memohon maaf beribu-ribu maaf karena saat saya pindah bekerja ke AJB Bumiputera 1912 yang merupakan perusahaan INSURANCE milik PRIBUMI yang terbesar di INDONESIA dimana kantornya telah memiliki kurang lebih 480 kantor cabang seluruh indonesia menjadikan saya manusia super sibuk ^_^

namun ada senangnya sih gan banyak pengalaman yang saya peroleh sebagai staff Fund Curculation di Dept.Finance baik dari memperoleh kenalan rekanan pihak bank, pengelolaan management cash dan finance suatu perusahaan besar taraf  nasional yang sebentar lagi akan BERTRANSFORMASI taraf INTERNATIONAL ini.

Namun dalam topik kali ini saya tak akan berbicara mengenai perusahaan AJB Bumiputera 1912 tersebut, namun saya akan membicarakan peran Wirausaha Muda dalam membangun Bangsa Indonesia. Telah kita ketahui saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami pertumbuhan tingkat ekonomi dan telah masuk G20 negara berkembang dan maju terpesat dan telah diperhitungkan oleh para ekonom dunia dimana Indonesia pada tahun 2030 akan masuk ke dalam kategori G8 negara terbesar dalam perekonomiannya seperti India, China, Amerika Serikat, & Turki.

Akan tetapi untuk mencapai hal tersebut banyak hal yang harus dicapai, yaitu baik dalam hal beberapa berikut ini :

a. Peningkatan Pengetahuan Masyarakat
b. Pemerataan Ekonomi Daerah
c. Pemberdayaan Masyarakat dalam hal penciptaan Dunia Usaha
d. Menjadikan Indonesia sebagi Hutan Dunia penghasil Oksigen
e. Penciptaan Energi Alternatif sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak
f. Penciptaan Tata Kelola Sistem Negara yang baik atau Good Corporate Governance

Ke enam hal diatas yang paling utama dalam hal yang harus diciptakan oleh pemerintah untuk mencapai negara Indonesia yang Tangguh dan di Segani oleh negara - negara di dunia. kenapa kita harus mencapai ke enam target tersebut.....Berikut alasan-nya :

A. Peningkatan Pengetahuan Masyarakat 

Dalam Aspek pertama ini adalah merupakan faktor utama dalam mengembangkan suatu negara dikarenakan SEBUAH NEGARA tak akan MAJU DAN BERKEMBANG apabila di dalamnya terdiri dari MANUSIA-MANUSIA TIDAK BERILMU sehingga mudah di bohongi dan di tipu oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Ilmu adalah Pelindung kita dari keterpurukkan atas perekonomian negara, dengan Ilmu Negara bisa maju dan bisa dapat menyelesaikan segala permasalahan yang akan timbul dari sebuah keputusan atau sebuah perencanaan dasar suatu negara.

B. Pemerataan Ekonomi Daerah

Telah diketahui oleh seluruh masyarakat dimana masih banyak daerah-daerah di indonesia yang belum tersentuh oleh program kebijakkan pemerintah mengenai otonomi daerah sehingga masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang tertinggal ekonomi,budaya bahkan peradabannya. 

Sehingga masih banyak warga-warga miskin tercipta ditambah juga oleh tidak meratanya pendidikan dan mahalnya pendidikan sehingga terjadilah pembodohan-pembodohan oleh bangsa sendiri terhadap bangsanya.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh kita para wirausaha muda di Indonesia demi untuk membantu dalam pemerataan ekonomi daerah salah satu-nya yaitu :

A. Turut Ikut Serta Mempromosikan Cagar Budaya Daerah Sebagai sumber pemasukkan pemerintahan Daerah tersebut.
B. Menciptakan ekonomi kreatif yang berasal dari pemberdayaan dan penciptaan produk-produk kreatf dan  inovatif dalam hal ini bisa di contohkan sebagai berikut :
b.1 Penciptaan Pakaian Batik berskala International dengan bekerjasama Brand-Brand asal dunia baik itu brand sepak Bola Real Madrid ataupun Barcalona atau brand dunia seperti Microsoft, Samsung, Nokia, Dll
b.2 Penciptaan Produk-produk Kaos Kata-Kata seperti Djoger ( Bali ), Dagadu ( Jogja ), dan seperti di Bandung
b.3 Penciptaan Produk-produk inovatif dari daur Ulang Sampah 
b.4 Memberikan pelatihan-pelatihan mengenai management wirausaha yang baik, Manajemen Pemasaran yang menarik pasar sehingga dapat membuka peluang ke kancah International.

C. Pemberdayan Masyarakat dalam hal penciptaan Dunia Usaha

ada semboyan Utama untuk  kami Wirausaha Muda yaitu : APABILA INGIN SUKSES DAN KAYA MAKA BERIWRAUSAHALAH bagi kami dengan berwirausaha dapat memberikan berbagai macam manfaat dan makna baik secara batin dan rohani. 

Dengan Berwirausaha kita bisa membantu pemerintah dalam mengurangi tenaga pengangguran dan orang miskin di negeri tercinta kita ini. 

Dengan Berwirausaha kita bisa memberikan ilmu pengetahuan kita kepada masyarakat luas mengenai banyaknya aspek-aspek bisnis yang bisa kita peroleh.

Dengan Berwirausaha kita bisa saling berbagi dan membantu antar sesama umat manusia.


D. Menjadikan Indonesia sebagi Hutan Dunia penghasil Oksigen

Indonesia merupakan negara Khatulistiwa dan Subur Tanahnya sehingga cocok untuk dijadikan sebagai negara penghasil Hutan terbesar di dunia. Patut kita sadari negera kita bisa menjadi NEGARA PRODUSEN OKSIGEN terbesar di dunia apabila HUTAN-HUTAN KITA JAGA DAN PELIHARA dan itu sebagai NILAI TAMBAH kita sebagai NEGARA AGRARIS sehingga para dunia bisa memberikan kita pendapatan untuk negara dari hasil oksigen yang telah diciptakan oleh Hutan-hutan kita tersebut.

dengan tata kelola kota yang baik  Pohon bisa menjadikan negara kita tak cepat mengalamai PENURUNAN TANAH akibat AIR TANAH yang dipergunakan secara berlebihan seperti di CHINA dimana telah banyak muncul Lubang-Lubang Besar dalam KOTA CHINA akibat penggunaan AIR TANAH SECARA BERLEBIHAN.

APAKAH ANDA MAU SEPERTI DI CHINA ??????.........
KALO SAYA TIDAK MAU.....

E. Penciptaan Energi Alternatif sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak
 
Dalam Aspek ke Lima ini sangatlah perlu kita untuk dapat menciptakan energi alternatif fungsinya untuk apa ????

Banyak hal kegunaannya baik itu dalam hal dunia Ekonomi ataupun Militer dalam hal dunia Ekonomi penciptaan energi alternatif bisa selalu mudah dihasilkan dan terbarukan dengan tanpa harus menunggu beribu-ribu tahun lamanya untuk memberikan keuntungan ekonomis baik dari segi pemrosesan dan pemenuhan jumlah energi alternatif yang bisa selalu tersedia.

Dalam Segi Militer energi alternatif bisa membuat alat-alat alutsista Militer dapat berjalan dengan semestinya sehingga bisa melindungi diri kita dari serangan musuh COBA BAYANGKAN APABILA BAHAN BAKAR MINYAK TELAH HABIS DALAM 20Th kedepan dan ALUTSISTA MILITER TAK BISA BERFUNGSI mau jadi apa NEGARA KITA APAKAH KITA MAU DIJAJAH KEMBALI OLEH ORANG2 HAUS ATAS KEKUASAAN ??? JAWABAN ADA DIHATI KALIAN agan-agan dan sista yang saya cintai.

oleh karena itu mari kita bekerja sama dalam menghasilkan energi alternatif  tersebut seperti bahan bakar
BIOGAS, BIOTANOL, ENERGI TATA SURYA sehingga tak perlu lah kita bergantung terhadap energi tak terbarukan seperti bahan bakar minya tersebut.
 
F. Penciptaan Tata Kelola Sistem Negara yang baik atau Good Corporate Governance

pada aspek terakhir ini tak kalah penting yaitu menciptakan sistem tata kelola negara yang baik dan efisien serta tak terbelit-belit dalam mengajukkan birokrasi sehingga hubungan dari atas kebawah bisa terjalin dengan cepat sehingga bisa menciptakan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah yang baik dan cepat.

Demikian dulu dari sedikit artikel saya ini semoga dapat bermanfaat khususnya untuk diri saya sendiri Salam Semangat WIRAUSAHA MUDA dari kami JARINGAN PENGUSAHA MUDA MUSLIM INDONESIA 










Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate