Monday, May 11, 2015

APAKAH ITU ???? CORPORATE BOND ( OBLIGASI PERUSAHAAN )


APAKAH ITU ????
CORPORATE BOND ( OBLIGASI PERUSAHAAN ) 
11 Mei 2015

Assalamu’alaikum wr..wb…

Salam persaudaraan muslim dari saya, dalam beberapa hari yang lalu saya telah membahas
Perihal “MENGUAK RAHASIA USAHA CIPUTRA GROUP DAN AGUNG PODOMORO GROUP” dan didalam materi tersebut saya menginformasikan sumber dana mereka dalam menjalankan proyek mereka berasal dari Corporate Bond ( Obligasi Perusahaan ).

Maka pada hari ini saya akan membahas perihal Obligasi perusahaan terdiri dari 3 (Tiga) pembahasan yaitu ;

a.       Definisi Corporate Bond ( Obligasi Perusahaan )
b.      Ciri – ciri obligasi
c.       Karakterisitik obligasi

Seperti yang telah saya jelaskan diawal materi artikel ini, akan saya awali dengan topic awal yaitu :

free counters      a.      Definisi Corporate Bond (Obligasi Perusahaan)
Obligasi merupakan kontrak keuangan antara sang penerbit obligasi (perusahaan) dengan sang pembeli obligasi (konsumen) dimana sang  penerbit obligasi menjanjikan akan membayar bunga kepada pembeli obligasi secara periodik. Dan pada akhir waktu tetentu sang penerbit obligasi membayar pokok obligasi yang biasa disebut nilai par.

Sedangkan sang  pemegang obligasi (pembeli) memberikan sejumlah uang kepada perusahaan saat ini.

b.      Ciri – ciri obligasi

Apabila agan dan sista ingin berinvestasi atau ingin menerbitkan jenis Investasi dalam bentuk obligasi maka agan dan sista perlu memperhatikan ciri-ciri obligasi sebagai berikut :
  • Tanggal jatuh tempo (maturity date) obligasi, yaitu tanggal yang sudah ditetapkan oleh peminjam untuk melunasi hutangnya. Walaupun ada tanggal jatuh tempo yang tercantum dalam suatu obligasi bukan berarti Anda harus memegang obligasi tersebut hingga jatuh tempo, karena Anda dapat memperjualbelikannya pada pasar obligasi.
  • Tingkat bunga (coupon rate) obligasi, yaitu tingkat bunga yang akan dibayarkan kepada Anda secara periodik. Tingkat bunga yang diberikan dapat tetap (bunga yang dibayarkan kepada Anda adalah tetap setiap tahun) atau tingkat bunga mengambang (bunga yang dibayarkan akan disesuaikan secara periodik).
  • Nilai nominal (face value atau par value) obligasi yaitu sejumlah uang tertentu yang dipinjamkan kepada perusahaan tersebut, jumlah ini yang akan menjadi pokok pinjaman.
c.       Karakteristik Obligasi

Selain kita perlu mengetahui ciri – ciri bentuk Investasi obligasi tersebut kita perlu juga mengetahui karakter-karakter bentuk investasi tersebut sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengukur dan melakukan penilaian atas kemampuan solvabilitas dan likuiditas perusahaan dalam melakukan pembayaran besaran bunga yang telah diperjanjikan sejak awal obligasi tersebut di terbitkan. Berikut saya coba paparkan karakteristik-kaerakteristik Investasi jenis obligasi ini yaitu sebagai berikut ;

c.1 Nilai obligasi (jumlah dana yang dipinjam)

Dalam menerbitkan obligasi maka perusahaan harus dengan jelas menyatakan jumlah dana yang dibutuhkan yang dikenal dengan istilah “jumlah emisi obligasi”. Penentuan besar kecilnya jumlah penerbitan obligasi berdasarkan aliran arus kas perusahaan, Kebutuhan, serta kinerja bisnis perusahaan.

c.2 Jangka waktu obligasi

Setiap obligasi mempunyai masa jatuh tempo atau berakhirnya masa pinjaman (maturity). Secara umum masa jatuh tempo obligasi adalah 5 tahun. Ada yang 1 tahun, adapula yang 10 tahun. Semakin pendek jangka waktu obligasi maka akan semakin diminati oleh investor, karena dianggap risikonya kecil.

c.3 Principal dan Coupon rate

Nilai prinsipal obligasi adalah sejumlah uang yang disetujui oleh penerbit obligasi agar dibayarkan kepada pemegang obligasi pada masa jatuh tempo. Jumlah ini biasa berhubungan dengan redemption value, maturity value, par value or face value. Coupon rate juga disebut nominal rate, adalah tingkat bunga yang disetujui penerbit untuk dibayar kepada pemegang obligasi setiap tahun. Besarnya pembayaran bunga setiap tahun

kepada pemilik obigasi selama jangka waktu obligasi dinamakan coupon.Tingkat persentase coupon dikali nilai prinsipal obligasi menghasilkan besarnya coupon. Contohnya, obligasi dengan 8% coupon rate dan nilai par nya adalah $1,000 akan membayar bunga per tahun sebesar $80.

c.4 Jadwal pembayaran

Kewajiban pembayaran kupon obligasi oleh perusahaan penerbit, dilakukan secara berkala sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, bisa dilakukan triwulan, semesteran, atau tahunan. 

c.5 Diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah (Levy 29-30).

Ok gan gimana masih ada yang kurang mengertikah perihal Definisi Corporate Bond ( Obligasi Perusahaan ), Ciri – ciri obligasi dan Karakterisitik obligasi diatas yang telah ana paparkan.


Dalam hal ini hal POSITIF yang dapat diambil dari diterbitkannya corporate bond tersebut yaitu tidak adanya peralihan kepemilikan seperti penerbitan surat saham atas perusahaan tersebut.
Dikarenakan dalam hal Corporate Bond tersebut perusahaan hanya memiliki kewajiban dalam memenuhi kewajiban atas NILAI AWAL & BUNGA atas Corporate Bond yang telah disepakati diawal proyek bisnis perusahaan skala besar seperti PROYEK SMART CITY & SUPERBLOK yang telah saya paparkan dalam artikel sebelumnya.

Akhir kata ana ucapakan terima kasih atas apresiasinya dan telah bersedia singgah dan sejenak membaca artikel saya ini. Dan saya sebagai penulis berharap dapat memberikan pencerahan bagi para bloger dalam sumber pendanaan demi terus berjalannya proyek perusahaan dan sehingga pada masa kedepannya tetap dapat memberikan penerimaan signifikan kepada perusahaan anda sekalian.

Salam Persaudaran Muslim
Arief Tri Setiaji,S.E
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate