Tuesday, December 31, 2013

MENCOCOKKAN DATA YANG SAMA ATAU BERBEDA DALAM BEDA KOLOM

free counters
MENCOCOKKAN DATA YANG SAMA
ATAU
BERBEDA DALAM BEDA KOLOM

Halo Agan dan Sista apa kabar nih sudah lama ya saya sudah tak bersua kembali dalam blog ini hari ini dalam menyambut tahun baru saya kepingin menshare sebuah ilmu mengenai rumus excel yang baru saja saya temukan dikarenakan adanya tugas baru dalam pekerjaan saya.
Bagi saya rumus ini bermanfaat untuk memudahkan saya mencocokkan dua data yang berasal dari sumber berbeda untuk keperluan pembayaran gaji bank secara sentralisasi yaitu dari data Perusahaan atau dengan data Pihak bank namun dalam contoh ini saya tampilkan format print screen yang menggunakkan data mudah yang dapat dipahami berikut sedikit penjelasannya.
Susah gak gan, menggunakn fungsi apa gan ????
Tenang saja agan dan sista dapat langsung mempraktek-kannya saja dengan menggunakkan dan mengikuti prosedur rumus IF berikut ini.

1. Buat tabel data seperti di bawah ini:
Kolom B dan kolom C berisi data, dan kolom D akan diisi dengan formula untuk mengecek /menguji apakah formula excel menemukan data duplikat dari kolom B pada kolom 




2. Selanjutnya lakukan perhitungan menggunakan fungsi IF
a. Di sel D2 ketik formula
=IF(B2=C2;"Sama";"Berbeda"
Fungsi di atas akan mengecek nilai duplikat dari kolom B pada kolom C, nilai duplikat hanya ditemukan jika berada pada baris yang sama, sehingga formula di atas hanya menemukan data Sama"
RIZKY AKBARINI"
Sekian dulu untuk rumus excelnya ya gan atas semoga dapat bermanfaat untuk agan dan sista.

 

Share:

1 komentar:

Anonymous said...

Thanks Gan :))

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate