Friday, October 26, 2012

Management Keuangan untuk dapat berkurban Pada Tahun depan

free countersSKEMA PERHITUNGAN TABUNGAN HEWAN KURBAN SAPI DAN KAMBING
By Created : Arief Selter"Arief Selalu Tersenyum"
25 Oktober 2012

Assalamu’alaikum wr…wb…

Salam Persaudaraan Muslim dari saya

Tak Terasa ini  adalah  hari  Raya Idhul adha buat saya yang ke 24 kali selama saya hidup di Dunia. Alhamdulillah saya masih diberikan kesehatan dan rahmat dari Allah SWT sampai hari ini, sahabat – sahabat muslim saya yang dirahmati oleh ALLAH SWT  allahuma amiiinnn…

Sobat sudah berapa  banyak  hewan kurban  yang  telah  dapat  kalian kumpulkan pada hari  raya kurban pada tahun ini

Pasti sudah mencukupi ya saya sangat senang sekali pada tahun ini Alhamdulillah sudah makin banyak umat muslim yang mau mulai berkurban
dan pada tahun ini saya memiliki pengalaman yang sangat baik untuk dijadikan pelajaran untuk pemacu semnagta agar dapat berpartisipasi dalam berkurban tahun depan dalam tahun ini saya memiliki pengalaman berkurban bersama seorang pemuda penampilan biasa dan tak ada memiliki rezeki besar hanya mampu untuk memnayar kontrakan dan makan sendiri meskipun beliau sebenarnya masih merupakan umat yang patut diberikan daging kurban namun ternyata pada tahun ini beliau bisa menyumbangkan 1 ekor kambing dengan hanya manabungkann sebagaian rezekinya setiap hari.

Belajar dari hal ini saya tertarik bagaimana pemuda ini dapat berkurban 1 ekor kambing dan kemudian saya bertanya kepada beliau ternyata dia mengumpulkan sebagian uangnya selama 1 tahun setiap harinya anatara Rp 5.000 s/d Rp 7.000 ternyata beliau pada saat hari berkurban pada tiap hari raya kurban SUBHANALLAH disaat masih banyak umat YANG MAMPU masih belum tergerak hatinya dalam melaksanakan kurban dikarenakan harga hewan kurban yang tiap tahunnya melambung akibat inflasi serta  perekonomian Indonesia yang masih belum stabil namun di sebagian umat ini masih ada yang mau menjalankan perintah berkurban ini ya contohnya seperti sang pemuda ini.

Sesungguhnya sang PEMUDA ini memiliki jiwa yang baik hati sekali khalayak permata surga.

OK Sobat Muslim yang dirahmati Oleh ALLAH SWT

Berasal dari pengalaman yang dipaparkan oleh pemudatersebut maka pada hari ini saya ingin mencoba mengaplikasikan SISTEM PERHITUNGAN TABUNGAN PER- DAY  (PER-HARI) yang saya peroleh dari SANG PEMUDA TERSEBUT. Yaitu sebagai berikut :



Contoh Perhitungan :
Tabungan Uang Kurban untuk 1 Ekor Kambing Super dengan Harga Rp.2000.000.-(Dua Juta Rupiah) yaitu sebagai berikut perhitungannya :
Rp.2.000.000,- : 12 Months = Rp 166.667,-
(Seratus Enam Puluh Enam Ribu Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah ) / MONTHS ( Bulan )
Maka skema perhitungan tabungan untuk satu hari adalah sebagai berikut :
Rp 166.667, -: 30 Days = Rp 5.556 (Lima Ribu Lima Ratus Lima Puluh Enam Rupiah )/Days (hari)
Untuk dapat lebih jelas maka saya akan lampirkan table perhitungan dengan menggunakan program excel sebagai berikut :





Nah Sobat dari Tabel Perhitungan diatas dapat kita jadikan sebagai dasar perhitungan tabungan hewan kurban kita untuk tahun depan nih mari kita belajar dari pengalaman sang Pemuda diatas ya sobat Ekonom Rabbani dan Sobat Muslim ku ^_^
Hmmmm saya juga tertarik untuk membuat skema perhitungan untuk berkurban SAPI dan saya mendapatkan berapa jumalah perhari yang kita harus Tabungkan sangat ringan hanya   Rp 42.000 per-day apabila Ingin membeli sendirian TANPA GABUNGAN 7 0rang namun apabila secara GABUNGAN tabungan perhari yang perlu disisihkan lebih ringan lagi bahkan sama dengan PERHITUNGAN TABUNGAN KURBAN SATU KAMBING yaitu Rp 6.000,- Per-day berikut skema perhitungannya
Contoh Perhitungan :
Tabungan Uang Kurban untuk 1 Ekor SAPI  MURNI dengan Harga Rp.15.000.000.-(Lima Belas Juta Rupiah) yaitu sebagai berikut perhitungannya :
Rp15.000.000,- : 12 Months = Rp 1.250.000,-
( Satu Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ) / MONTHS ( Bulan )
Maka skema perhitungan tabungan untuk satu hari adalah sebagai berikut :
Rp 1.250.000,-  : 30 Days  =  Rp 41.667,- (Empat Puluh Satu Ribu Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah )/Days (hari)
Untuk dapat lebih jelas maka saya akan lampirkan table perhitungan dengan menggunakan program excel sebagai berikut :




Tabungan Uang Kurban  untuk 1 Ekor SAPI  (Gabungan dengan 7 Orang ) dengan Harga Rp.15.000.000.-(Lima Belas Juta Rupiah) yaitu sebagai berikut perhitungannya :
Rp 15.000.000 : 7 People = Rp 2.142.857,- ( Per People ) ( Dua Juta Seratus Empat Puluh Dua Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Tujuh Rupiah ).
Rp 2.142.857,- : 12 Months = Rp 178.571,- ( Per Months ) ( Seratus Tujuh Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Tujuh Pulu Satu  Rupiah )
Maka Untuk 1 harinya kita dapat menabung kan untuk dapat berkurban 1 sapi yaitu sebagai berikut :
Rp 178.571,- : 30 Hari = Rp 5.952,- (Per Day )(Lima Ribu Sembilan Ratus Lima Puluh Dua Rupiah ).
Untuk sobat lebih memahaminya maka saya mencoba mengaplikasikan dalam perhitungan bentu excel sebagai berikut :








semoga contoh perhitungan tabungan hewan kurban Kambing dan sapi bisa dapat bermanfaat dan semoga bisa menjadi sebuah inspirasi dan SEBUAH SEMANGAT BARU BAGI PARA EKONOM RABBANI DAN SOBAT - SOBAT MUSLIM DALAM MENUNAIKAN IBADAH KURBAN DITAHUN DEPAN NANTI ^_^

Salam Persaudaraan Muslim 
Arief Tri Setiaji
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate