TIPS – TIPS MEMBUAT LOGO PERUSAHAAN
YANG MUDAH DIKENANG OLEH MASYARAKAT
Selamat
Pagi agan dan sista…
Masih
TETAP PADA SEMANGAT KAN…
Pada pagi
hari ini saya akan berbagi ilmu perihal logo secara umum logo adalah sebuah lambang
identitas yang dipergunakan oleh sebuah komunitas ataupun perusahaan. Pada pagi
ini saya ingin berbagi ilmu perihal Tips – tips dalam membuat logo perusahan kepada agan dan sista sekalian.
Selamat membaca…..
Logo bagi
perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai identitas
perusahaan dalam setiap produk yang diproduksi. Logo perusahaan lebih pada visi
misi yang ingin dibangun untuk masa depan dimana menggambarkan visi misi perusahaan
saat ini, dan akan berkembang menuju yang ingin dicapai dengan berbagai citra
yang akan dibawanya.
Sebuah
Logo perusahaan yang dalam proses pembuatannya diperoleh dari nilai-nilai
perusahaan itu sendiri akan memunculkan keunikan yang berbeda dengan perusahaan
lain. Sehingga logo perusahaan yang terbentuk akan semakin unik dan pasti
berbeda dengan logo perusahaan lainnya.
Kalo
kita lihat dari sudut masa umurnya, pada umumnya desain logo perusahaan lebih
panjang umurnya daripada logo UKM ataupun logo produk. Logo perusahaan
membutuhkan banyak pertimbangan terkait terutama core utama dalam bisnis,
Tujuan (goal) dan arah pengembangan
perusahaan ke depan. Sehingga bila ada perubahan pada perusahaan,maka logo tersebut
dapat mengakomodasi perubahan tersebut. Namun bila tidak, biasanya perusahaan
akan memperbarui desain logonya.
Perusahaan
pada umumnya memilih mendesain logo menjadi bagian dari branding, karena desain
logo adalah wajah dari brand perusahaan yang ingin dibangun. Untuk itulah
banyak perusahaan ketika mendesain logo atau mengganti desain logonya selalu
dikatakan melakukan branding / rebranding.
Dalam Membuat logo perusahaan jangalah agan dan
sista berpikiran untuk membuat sebuah logo perusahaan yang sederhana? Mengapa? Seperti
yang telah saya jelaskan dalam pembukaan artikel ini dimana logo perusahaan menjadi
salah satu alat branding untuk sebuah bisnis.
Seperti yang telah kita ketahui agan dan sista
dimana sebuah Logo Perusahaan dapat menggambarkan apa dan bagaimana perusahaan
kita. Apakah memiliki sifat Sederhana, rumitkah, komplekskah, atau menarikkah, Setiap
sisi sifat ini yang muncul dalam implementasi sebuah logo ini bisa membuat
penilaian yang berbeda - beda dari masyarakat itu sendiri.
Logo memang tidak membutuhkan banyak tempat yang
luas untuk ditempatkan logo tersebut, namun saat sebuah logo sudah diletakkan
pada sudut dari sebuah konten bisnis, itulah saatnya masyarakat memberikan
penilaian terhadap bisnis kita. Lalu bagaimana cara membuat sebuah logo yang
bisa selalu dikenang?
a. Simple dan Mudah Diingat
Bagi pengusaha pemula, Logo dan Merek merupakan
salah satu hal yang penting untuk dipikirkan. Dimana seorang pemula harus
membayangkan usahanya akan berkembang dan menjadi besar sehingga diperlukan
pula logo dan nama yang sangat luar biasa atau paling tidak bisa
merepresentasikan nama besar usaha anda nantinya.
Namun bukan berarti harus membuat logo dan merek
yang begitu rumit. Buatlah logo dan nama usaha yang simple namun mudah diingat
orang. Mengapa disarankan untuk membuat desain logo yang simple dan mudah di
ingat. Saya akan jelaskan dengan sebuah contoh logo perusahaan dunia seperti Adventurers
Indonesia dalam logo ini berisikan 3 anak muda menggunakan ransel dan berada
dipuncak gunung dimana dapat memberikan suasana petualangan yang mendebarkan
dan pada akhir petualangan tersebut adalah sebuah suasana yang tidak bisa
dibayangkan membahagiakan setiap orang dan Penuh petualangan dan tantangan.
Dengan desain simple tersebut adventurers Indonesia
sudah dapat memberikan Informasi ini adalah perusahaan jasa travel dimana
berisikan,outbountraining,snorkeling, rafting dimana menciptakan
pengalaman-pengalaman dalam liburan yang luar biasa dibandingkan dengan
jasa-jasa travel lainnya dimana hanya memberikan jasa memberikan panduan wisata
dalam kota ataupun luar kota.
b. Unik dan cerdas
Sebuah logo apapun itu tentu dituntut untuk bisa
diciptakan dengan konsep yang unik dan cerdas. Para desainer pun harus bekerja
keras mengasah kreatifitas mereka untuk bisa menciptakan sebuah desain logo
yang menarik dan juga informatif untuk siapa saja yang melihatnya. Pastikan
logo yang dibuat unik, menarik, informatif dan cerdas. Untuk sebuah bisnis,
desain logo yang unik dan cerdas haruslah dibuat dengan pertimbangan yang
sangat matang. Karena sebuah logo akan menjadi alat untuk mempromosikan
bisnisnya. Jadi jangan biarkan desain logo Anda hanya biasa saja. Sederhana
memang tidak dilarang, tapi tanpa mengurangi estetika dan isi yang cerdas dari
desain logo tersebut.
c. Mengandung Filosofi
Dalam membuat sebuah logo perusahaan tak jarang pemula
membuat logo atau merek usaha yang mengandung filosopi. Misalnya saja merek
sebuah usaha yang sekaligus mengandung doa. Atau logo yang tepat untuk
menggambarkan sesuatu sehingga orang yang melihatnya bisa memahami makna yang
terkandung dalam logo tersebut.
d. Memahami merek
Dalam membuat desain logo untuk sebuah produk
tidaklah mudah. Kita harus terlebih dahulu mengetahui dan memahami terlebih
dahulu merek dan jenis produk yang akan kita buatkan logonya. Eiitt… agan dan
sista juga jangan lupa terhadap Target dari produk tersebut juga penting
diperhatikan sebelum agan dan sista memulai membuat logo. Hingga kemudian
diilustrasikan pada sebuah desain logo.
e. Fleksibel
Dalam melakukan perancangan logo hal yang perlu
diperhatikan adalah sisi fleksibelitas
sebuah desain tersebut. Mengapa perlu diperhatikan sisi fleksibelitasan desain
tersebut memiliki tujuan untuk tidak
membuat customer yang melihatnya sulit untuk mengartikan atau mengenali logo
dari produk apakah itu. Sebaiknya logo juga benar – benar menggambarkan merek
atau produk yang akan kita pasarkan.
Seperti contohnya yaitu logo dari Fedex. Sebuah
logotype sederhana dengan twist. Desain logo dari fedex sendiri mampu
memanfaatkan ruang negatif untuk membuat panah yang berkonotasi dengan
kecepatan, ketepatan dan arah. Selain itu penulisan huruf “Ex” yang menggunakan
warna berbeda yang mengklasifikasikan jenis pengirimannya.
f. Jangan berharap akan instan
Sebuah desain logo yang akan selalu diingat dan
dikenang oleh masyarakat tidak dengan mudah dan dalam waktu yang singkat mampu
dibuat. Para desainer akan bekerja keras dalam belajar bagaimana mengamati
konsep, mencari cara – cara baru, hingga pada akhirnya kembali menganalisa
desain logo tersebut dengan pasar yang ada.
Memang terlihat bukan tugas dari seorang desainer
untuk menganalisa pasar. Tapi kita sebagai desainer harus memeiliki pengetahuan bagaimana
dan apa yang sedang menjadi trend dimasyarakat. Dan akhirnya dapat kita implementasikan pada desain logo yang akan
kita buat. Dan tak perlu kecewa disaat customer kita meminta untuk dilakukan
revisi terhadap ikon-ikon yang terdapat dalam logo yang kita buat.
g. Pergunakan konsep ATM (Amati,Tiru & Modifikasi)
Maksud dalam dalam tips terakhir ini adalah
dimana agan dan sista dapat mempergunakan failitas internet untuk mencari
referensi contoh-contoh desain yang tersebar di dunia maya. Ini adalah salah satu pengaruh dari
perkembangan teknologi.
Para desainer bisa menemukan referensi tentang
sebuah desain logo yang ada di rana online. Mereka juga bisa menggunakan tools
untuk membantunya dalam membuat desain logo dengan mudah dan menarik.
Eiittt…ingat jangan menduplikasi logo orang
karena itu menyalahi etika dalam berbisnis dan bisa diancam hukuman dan dapat
diadili loh gan soo….oleh karena itu agan dan sista alangkah lebih baikknya
amati desainnya,konsepnya dan maknanya tiru idenya kemudian modifikasi desain
logo tersebut. Sehingga menciptakan logo baru sesuai yang agan dan sista
inginkan.
Ok agan dan sista sekian dulu ya berbagi ilmu
dalam bidang jasa pembuatan logo perusahaan ini semoga ilmu ini dapat
bermanfaat untuk agan dan sista untuk dapat lebih berkreasi lagi dalam
menerapkan ide-ide kalian dalam bentuk sebuah logo atau merk tersebut.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas
apresiasinya telah mengunjungi blog saya jangan lupa agan dan sista berikan
komentnya juga ya untuk artikel ini karena dengan berbagi maka ilmu kita akan terus
bertambah.
Salam Wirausaha Muda
Arief Tri Setiaji,S.E
1 komentar:
thank gan atas informasinya,,,
Post a Comment