Tuesday, November 11, 2014

ASYIKNYA MENGENAL ANGGARAN PERUSAHAAN



ASYIKNYA MENGENAL ANGGARAN PERUSAHAAN


Assalamu’alaikum wr..wb…
Selamat Pagi gan saya ucapkan terima kasih karena telah setia untuk terus hadir dan membaca artikel-artikel yang saya turaikan dalam blog ini.
Pada hari ini saya ingin berbagi ilmu perihal penganggaran untuk mengawali topic ini saya akan memulai dengan pembahasan sebagai berikut :                                                                               
Apakah itu anggaran perusahaan ?  
Untuk apakah anggaran perusahaan ?
Faktor – faktor apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam penyusunan penganggaran?
Jenis – Jenis Anggaran ?

Mari kita awali dengan membahas apakah itu penganggaran perusahaan ?

Dalam melakukan penyusunan anggaran diperlukan sebuah fungsi manajerial yaitu Perencanaan dimana memiliki fungsi untuk  menentukan kegiatan – kegiatan yang mungkin  dapat dilakukan dalam perusahaan  dan  bagaimana  cara – cara melakukannya agar tercapai goal (tujuan) perusahaan. Fungsi manajerial ini merupakan upaya tindakan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu agar  apa yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Anggaran merupakan bagian dari rencana perusahaan. Dasar utama dalam penyiapan anggaran adalah kerangka yang diambil oleh pengambil keputusan melalui model manajemen strategik perusahaan.

Anggaran :

Rencana terperinci dan sistematis tentang seluruh kegiatan (pengeluaran & penerimaan ) yang dituangkan dalam bentuk angka – angka mata uang dan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang

Budget :
Hasil kerja yang terutama berupa taksiran-taksiran yang dilaksanakan diwaktu yang akan datang.

Budgeting:
Proses kegiatan yang menghasilkan budget tersebut sebagai hasil kerja serta proses kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi budget, atau suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan didalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu periode tertentu yang akan datang.

Dalam ketiga pengertian secara umum diatas tersebut maka dapat kita simpulkan dimana Penganggaran adalah :

a.       Proses kegiatan yang menghasilkan budget
b.   Rencana yang disususn secara sistematis dan terperinci yang terdiri dari seluruh kegiatan perusahaan  ( Penerimaan dan pengeluaran )
c.       Di tuangkan dalam bentuk angka-angka
d.      Dinyatakan dalam satuan unit moneter (mata uang)
e.       Berlaku untuk jangka waktu periode tertentu yang akan dating

Gimana gan mudah dipahami kan, ok mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu Untuk apakah anggaran perusahaan ?

Bagi sebuah perusahaan anggaran dapat berfungsi sebagai
a.      Sebagai Pedoman kerja seluruh struktur organisasi
b.      Sebagai alat perencanaan terpadu yang di miliki oleh perusahaan
c.       Sebagai alat Pengkoordinasian kerja
d.      Sebagai alat pengawasan kerja
e.      Sebagai  alat evaluasi kerja
Pembahasan Fungsi Anggaran :

a.    Sebagai pedoman kerja seluruh struktur organisasi

Dalam fungsi diatas bertugas untuk dapat Memberikan arah dan target yang harus dicapai oleh kegiatan perusahaan pada waktu yang akan datang. Dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh struktur organisasi dari manajemen dan tingkat dasar yaitu karyawan dapat memberikan informasi atau pemahaman yang baik perihal operasional-opersional perusahaan dengan jelas sehingga dalam melaksanakan tugasnya dan memungkinkan perusahaan untuk berubah akibat adanya perubahan lingkungan bisnis,politik,hukum atau ekonomi maka perusahaan dapat melakukan penyesuaian secara cepat & baik.

b.   Sebagai alat perencanaan terpadu yang di miliki oleh perusahaan

Anggaran perusahaan dapat digunakan sebagai alat untuk merumuskan rencana perusahaan dan untuk menjalankan pengendalian terhadap berbagai kegiatan perusahaan secara menyeluruh

c.    Sebagai alat pengkoordinasian kerja

Dalam fungsi anggaran kedua ini memiliki fungsi untuk dapat memperbaiki koordinasi kerja intern perusahaan sehingga dapat saling menunjang. Saling bekerjasama dengan baik, untuk dapat mencapai goal ( Tujuan) perusahaan yang telah ditetapkan oleh managerial perusahaan dan tim decision maker perusahaan mengapa begitu karena didalam penganggaran dapat memberikan ilustrasi operasi perusahaan secara keseluruhan sehingga memungkinkan para manajer divisi untuk melihat hubungan antar bagian (divisi) secara keseluruhan.

d.   Sebagai alat pengawasan kerja

Dalam fungsi ke – empat ini penganggaran memiliki fungsi sebagai tolak ukur, alat pembanding untuk menilai (evaluasi) realisasi kegiatan perusahaan
Kok Bisa sebagai tolak ukur dan alat pembanding ya ? begini gan dalam Anggaran diperlukan serangkaian standar prestasi atau target yang bisa dibandingkan dengan realisasinya sehingga pelaksanaan setiap aktivitas dapat dinilai kinerjanya dan dapat dibandingkan dengan tahun yang lampau.
Dalam menentukan standar acuan, diperlukan pemahaman yang realistis dan analisa yang saksama terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Standar yang ditetapkan terlalu tinggi dapat menimbulkan frustasi atau ketidakpuasan dari sisi karyawan ataupun dari sisi manajerial. namun Sebaliknya penetapan standar yang terlalu rendah akan menjadikan biaya menjadi tidak terkendalikan, menurunkan laba dan semangat kerja.
Oleh karena itu dalam fungsi ini anggaran dibuat dengan standar dan tolak ukur yang telah dianalisa dengan baik sesuai dengan kemampuan personil-personil dalam perusahaan. Sehingga dapat meningkatkan semangat kerja dan dapat tercapainya tujuan perusahaan dalam rencana anggaran perusahaan.

e. Sebagai alat evaluasi kerja
Dalam fungsi anggaran ke-lima ini memiliki fungsi untuk memberikan pedoman bagi perbaikan operasi perusahaan dalam menetukan langkah-langkah yang harus ditempuh agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan cara yang baik.

Anggaran yang disusun dengan baik menerapkan standar yang relevan akan memberikan pedoman bagi perbaikan operasi perusahaan dalam menetukan langkah-langkah yang harus ditempuh agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan cara yang baik, artinya menggunakan sumber-sumber daya perusahaan yang dianggap paling menguntungkan. Terhadap penyimpangan yang mungkin terjadi dalam operasionalnya perlu dilakukan evaluasi yang dapat menjadi masukan berharga bagi penyusunan anggaran selanjutnya.

Untuk pembahasan ketiga yaitu Faktor – faktor apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam penyusunan penganggaran ?

Perihal faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan anggaran perusahaan yaitu :
a.     Pengetahuan tentang tujuan dan kebijakan umum perusahaan.
b.    Pengetahuan Umum perihal struktur perusahaan dan pola kepemimpinan perusahaan
c.     Data-data perusahaan dari  tahun sebelumnya
d.    Perkembangan kondisi ekonomi baik dari segi tingkat persentase perkiraan tingkat inflasi  
     pemerintah, Kebijakan perkonomian pemerintah, arah politik ekonomi pemerintah
e.     Pengetahuan tentang strategi-strategi Pengembangan perusahaan ,
f.     Pengetahuan strategi competitor ( Pesaing) dalam menjalankan mesin investasi
     perusahaan sebagai pesaing
g.    Kemungkinan adanya perubahan kebijakan pemerintah baik itu Kebijakan peraturan –
     peraturan yang berkaitan dengan perusahaan agan
h.    Penelitian untuk pengembangan perusahaan baik itu Penelitian perihal bidang-bidang apa
     sajakah yang baik untuk dilakukan Investasi. Penelitian berupa tingkat efektif dan tingkat
     kepopuleran produk perusahaan di lingkungan masyarakat, melakukan Penelitian jenis
     produk – produk apa sajakah yang sedang booming di dunia masyarakat.

Gimana gan asik kan dalam memahami apa itu anggaran hingga fungsi dan factor-faktor apa saja yang perlu kita perhatikan dalam melakukan penyusunan anggaran. Nah kini yang terakhir yaitu jenis-jenis penganggaran yang berlaku umum di masayarakat dan perusahaan.


Berdasarkan ruang lingkup / intensitas penyusunannya, anggaran dibedakan menjadi :

a.    Anggaran parsial
Anggaran yang ruang lingkupnya terbatas, misalnya anggaran untuk bidang produksi atau bidang keuangan saja
b.    Anggaran komprehensif
Anggaran dengan ruang lingkup menyeluruh, karena jenis kegiatannya meliputi seluruh seluruh aktivitas perusahaan dibidang marketing, produksi, keuanganl, personalian dan administrasi

Berdasarkan fleksibilitasnya, Anggaran dapat dibedakan menjadi:

a.    Anggaran Tetap (Fixed Budget)
Anggaran yang disusun untuk periode waktu tertentu dengan volume yang sudah tertentu dan berdasarkan volume tersebut disusun rencana mengenai revenue, cost, dan espenses.

b.    Anggaran Kontinyu (Continuous Budget)
Anggaran yang disusun untuk periode waktu tertentu, dengan volume tertentu dan berdasarkan volume tersebut diperkirakkan besarnya revenue, cost, dan expenses, namun secara periodik dilakukan penilaian kembali.

Berdasarkan periode waktu, anggaran dibedakan menjadi:
a.     Anggaran jangka pendek (1 tahun)
b.    Anggaran jangka panjang (lebih dari 1 tahun)

Salam Agen Of Changes 
  Arief. Tri Setiaji,S.E





Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate