Wednesday, November 12, 2014

ASIKNYA MENGENAL ANGGARAN PERUSAHAAN PART 2



ASIKNYA MENGENAL ANGGARAN PERUSAHAAN PART 2


Assalamu’alaikum wr..wb…

Selamat pagi gan….

Masih pada semangat kan…harus itu apalagi dalam hal berbagi ilmu dan tolong menolong harus terus ditingkatkan dan ditambah. Kalo perlu terapkan one day – 3 help people (OD3HP) 

Pada hari kemarin saya telah membahas perihal penganggaran (budgeting), dan saya awali dengan pembahasan - pembahasan awal perihal anggaran perusahaan.

Nah untuk pada hari ini saya ingin membahas kelanjutannya nih…..

<<<Selamat membaca ya>>>
Mengawali topik ke dua perihal anggaran ini saya akan membahas perihal :
a.       Unsur-unsur Anggaran
b.      Model Penyusunan Anggaran
Perlu di ketahui oleh agan dan sista dimana dalam melakukan penyusunan anggaran perusahaan ada sebuah proses-proses yang perlu di lalui dalam blog ini saya membuatkan alur proses atau sirkulasi dalam penyusunan anggaran perusahaan.(lihat gambar)

Dalam bagan tersebut langkah awal yang dilakukan dalam membuat anggaran perusahan saya awali dengan penentuan visi & misi perusahaan dan dilanjutkan dengan penentuan goal (tujuan) perusahaan.
Visi perusahaan adalah berisikan pernyataan-pernyataan yang bersifat filosofis dan diaplikasikan melalui misi-misi yang di rencanakan dengan menerapkan good governance.  Sedang kan tujuan perusahaan merupakan hasil dari visi dan misi biasanya tujuan perusahaan tersebut kite buat dalam jangka pendek dan jangka Panjang sedangkan visi dan misi kita buat dalam jangka Panjang dan luas.
Untuk perihal unsur –unsur anggaran terdiri Dari :
a.       Rencana
b.      Meliputi seluruh kegiatan perusahaan
c.       Dinyatakan dalam satuan moneter dan
d.      Jangka Waktu yang akan dating
Untuk lebih jelasnya lihat pemamparan perihal 4 unsur diatas dibawah ini :

1.  Rencana

Dalam unsur pertama ini membicarakan planning yang di rancang oleh perusahaan perihal metode pemasaran, metode produksi, metode adminitrasi, metode personalia dan metode pembiayaan dimana seluruh metode diatas memerlukan planning yang berunsurkan unit moneter.
Namun perlu agan dan sista ketahui bahwa selain diatas ada perencana-perencanaan perusahaan yang tidk memerlukan penganggaran dan tidak berunsurkan unit moneter. Misalnya : rencana tentang saluran distribusi yang akan datang, model, bentuk, desain dari produk yang akan dihasilkan 

2.  Meliputi seluruh kegiatan perusahaan

Untuk unsur kedua ini yaitu meliputi seluruh kegiatan perusahaan membahas perihal unsur-unsur perusahan yang dimana perlu untuk dilakukan penganalisaan budgeting demi untuk tercapainya tujuan perusahaan dengan baik dan efisien. Untuk jenis kegiatan-kegiatannya terdiri dari sebagai berikut :

§  Pemasaran (penjualan)
§  Produksi (bahan baku, produksi)
§  Financing (modal, pembelanjaan)
§  Administrasi (biaya administrasi)
§  Personalia (tenaga kerja langsung)

dengan membuat anggaran secara keseluruhan dapat dievaluasi realisasi kerjanya

3.  Dinyatakan dalam unit moneter
Dalam unsur ketiga ini menjelaskan masing-masing kegiatan perusahaan mempunyai kesatuan unit yang berbeda-beda, kg, jam kerja, dst dengan kesatuan yang sama memungkinkan untuk dibandingkan  serta dianalisa lebih lanjut

4.  Jangka waktu yang akan datang
Dalam unsur ke empat menjelaskan penyusunan budget perusahaan berdasarakan  jangka waktu yaitu :

  • budget stategis : budget yang berlaku untuk jangka waktu yang melebihi satu periode akuntansi
  • budget taktis: budget yang berlaku untuk jangka pendek yaitu satu periode akuntansi atau kurang

untuk memilih jangka waktu dipertimbangkan: luas pasar, posisi perusahaan, jenis produk, tersedianya  data dan informasi, keadaan perekonomian pada umumnya.
Gimana gan asik kan gan belajar perihal anggaran ok mari kita lanjutkan perihal Model Penyusunan Anggaran

Anggaran disusun berdasarkan Teori, Praktik dan Prediksi perubahan situasi ekonomi, sosial, dan politik

a.      Penyusunan Anggaran Berdasarkan Teori

Dalam proses penyusunan anggaran berdasarkan teori dimana penyusunan anggaran berdasarakan ilmu-ilmu yang diperoleh saat menjalani pendidikan perkuliahan yaitu dalam mata kuliah Penganggaran (Budgeting).

Dalam Seluruh Proses penyusunan anggaran berdasarkan teori yang diperoleh kebanyakan kita diajarkan untuk merancang anggaran yang berbasiskan mencari laba (keuntungan), mengatur strategi dan menetapkan program kerja dengan tujuan akhirnya dapat menggapai laba yang telah direncanakan sejak awal perancangan.


b.      Penyusunan Anggaran Berdasarkan Praktek

Dalam proses penyusunan anggaran kedua ini yaitu berdasarakn praktek berdasarakan kebudayaan perusahaan yang di gunakan seringkali para mahhasiswa baru akan merasakan kaget dan terpukau karena ada beberapa perusahaan dalam melakukan penyusunan anggarannya tidak pernah diajarkan disaat menimba ilmu atau bahkan merupakan cara penyusunan yang tidak pernah kita ketahui karena yang  menerapkan hanya segelintir Negara lain bukan di Indonesia.

c.       Penyusunan Anggaran Berdasarkan Prediksi

Dalam metode penyusunan ketiga ini berdasarakan prediksi yaitu dimana berdasarkan beberapa factor yaitu perubahan situasi ekonomi pemerintahan berupa perkiraan tingkat inflasi tahunan yang di umumkan oleh pemerintah, keadaan social dan politik di Indonesia.

Apabila arus politik memanas maka sector Perdagangan akan mengalami kendala berupa dilburkannya departemen-departemen terkait perihal Perdagangan, untuk jalur transportasi akan mengalami kendala dikarenakan keterbatasannya bahan bakar. Yang dikerenakan partai pendukung pemerintah sepakat dalam menaikkan harga BBM. Dan berbagai factor pemerintah lainnya seperti adanya perubahan dasar hukum dari regulator.

akhir kata saya ucapakan permohonan maaf apabila ada salah-salah kata dalam melakukan pembahasan diatas, mohon kritikan membangunnya untuk dapat meningkatkan kualitas dalam penulisan artikel berikutnya.

Salam Ekonom Muda
Arief Tri Setiajim S.E
Share:

0 komentar:

Total Pageviews

Yuk Mari kita Sharing ^_^

a href='http://fcgadgets.blogspot.com'>Blogger Gadgets
Powered by Blogger.

Salam Akuntan Muda

Berpikirlah secara Positif
Ubahlah Pemikiran - pemikiran negatif dalam Kehidupan Anda menjadi Pemikiran - Pemikiran yang selalu Positif dan Memiliki Arah dan Tujuan
Tersenyum & Tebarkan Kebahagian Kepada setiap Insan Manusia
Berbuatlah 3 Kebaikkan pada setiap Harinya
Karena Anda adalah AGENT of CHANGES

About Me

My photo
Jakarta Pusat, jakarta
Assalamu'alaikum wr..wb... Salam Persaudaraan Muslim dari saya,Sebuah Transformasi perlu dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan dapat bermanfaat untuk semua pihak dengan cinta dan kasih menebarkan manfaat ke seluruh umat, sekian perkenalan dari saya, untuk lebih lanjut saya menerima untuk berdiskusi dengan kalian sebagai sahabat dalam blog ini. Salam Hangat Dari Saya Arief Tri Setiaji ^_^

My Friend Blogger

Search This Blog

Kenangan Panitia IBF

Kenangan Panitia IBF

Website Forum,Karier , Ekonomi di Perbankan,Lembaga Pemerintahan,IT Corporation & Blogger

Translate