MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP
PRODUK YANG DIHASILKAN PERUSAHAAN
Selamat pagi agan dan sista pada hari ini saya
ingin berbagi pengalaman coaching wirusaha mandiri saat waktu kuliah. Kali ini yang akan saya bahas adalah loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen
sangat diperlukan untuk dapat memberikan jaminan atas berjalannya proses bisnis
perusahaan. Dan ilmu yang diberikan kepada saya sangat bermanfaat untuk
mengembangkan usaha saya waktu itu hingga kini berdasarkan hasil usaha insya
allah akan membangun 3 buah Rumah untuk saya sewakan.
Seperti yang telah kita ketahui berdasarkan hasil
Deklarasi Cebu yang merupakan salah satu hasil dari KTT ASEAN yang
ke-12 pada Januari 2007 lalu dimana telah disepakati oleh para pemimpin ASEAN
perihal awal dimulainya perdagangan
bebas baik barang maupun jasa, investasi, tenaga kerja profesional, dan juga
aliran modal (dana) di kawasan ASEAN atau yang sering kita sebut dengan
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan dimulai sejak awal 2015 ini.
Berdasarkan deklarasi cebu tersebut maka sangat
pentinglah perusahaan – perusahaan Indonesia dapat terus
berbenah dan bereformasi untuk dapat meningkatkan pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan nasional agar dapat terus berjalannya proses bisnis perusahaan nasional di Indonesia dan dapat bersaing dengan perusahan- perusahaan sejenis yang akan masuk ke Indonesia dan menjadi pesaing bisnis kelak.
Dalam artikel ini berdasarkan keadaan pasar
diatas maka saya tertarik untuk melakukan share ilmu perihal caranya membangun
loyalitas konsumen atas perusahaan kita. Loyalitas
konsumen merupakan keuntungan terbesar bagi para pengusaha. Jadi
tidak mengherankan bila loyalitas tersebut dijadikan TARGET UTAMA dalam berbisnis. Karena dengan terciptanya loyalitas
konsumen yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kabar baik bagi perkembangan
bisnis kedepannya.
Bagaimanakah
cara menciptakan loyalitas konsumen tersebut dalam keadaan pasar bebas ASEAN
yang telah berjalan saat ini ?
Sebelum
kita membahas cara menciptakan loyalitas konsumen mari kita bahasa terlebih
dahulu makna loyalitas konsumen terlebih dahulu yang dimaksud dengan loyalitas
konsumen adalah terciptanya kepercayaan dan komitmen para pelanggan terhadap
suatu produk atau jasa, kepercayaan dan komitmen pelanggan diatas disebabkan konsumen mendapatkan kepuasan dari produk atau
jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.
Keadaan
seperti itu tentu sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha, sebab konsumen
yang sudah loyal dan puas atas kualitas dengan sebuah produk atau jasa akan
melakukan pembelian secara rutin terhadap produk agan dan sista miliki. Bahkan
tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi AGEN-AGEN PEMASARAN terbaik bagi bisnis agan dan sista dengan
melalui testimoni pelanggan kita atas produk-produk yang kita hasilkan akan
menjadi nilai positif dipasar.
Nah
gimana gan and sis sudah taukan begitu pentingnya perusahaan kita memiliki
pelanggan yang loyal terhadap produk kita ataupun jasa yang kita berikan.
Ok
agan dan sista mari kita lanjutkan pembahasan perihal loyalitas konsumen ini
untuk topik selanjutnya adalah strategi-strategi untuk meningkatkan loyalitas
konsumen terhadap produk-produk perusahaan kita.
Strategi
– strategi apa saja yang harus dilakukan dan perlu diperhatikan untuk membangun
loyalitas konsumen ? dibawah ini
saya mencoba menjabarkan 15 strategi
untuk dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kita.
1. Strategi
Pertama ciptakan produk berkualitas.
Didalam stretegi pertama ini hal yang perlu kita
perhatikan adalah hasil akhir produk
ataupun jasa yang memiliki nilai lebih pada produk Anda. Ciptakanlah produk
yang dimana konsumen selalu membutuhkan produk atau jasa Anda, berikan solusi
yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen didalam produk anda ataupun jasa yang
anda berikan.
Dengan begitu bisnis Anda akan selalu dicari para
konsumen. Ingat, bahwa penggunaan produk atau jasa secara rutin, akan
mengarahkan konsumen semakin loyal dengan bisnis Anda.
Pastikan produk yang kita jual memiliki kualitas
yang baik. Kita harus bisa melakukan perbaikan dari kualitas produk kita terus
menerus, lakukan monitoring dari proses produksi sehingga produk yang sampai ke
tangan konsumen merupakan produk yang berkualitas. Ingatlah poin ini: konsumen
akan mudah beralih ke pesaing atau ke produsen lain ketika kualitas produk kita
menurun.
Oleh karena itu lakukanlah survey kecil-kecilan
perihal kenyamanan konsumen disaat mempergunakan produk kita ataupun jasa yang
kita tawarkan kebeliau.
2. Strategi
Ke Dua Berikanlah Layanan Berkualitas kepada konsumen
Dalam
strategi ke dua ini perlu diketahui Loyalitas
konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan atas pelayanan yang kita
berikan kepadanya. Oleh karena itu upayakan untuk selalu dapat mengontrol
kualitas produk maupun kualitas pelayanan yang agan dan sista ditawarkan. Baik
itu dari segi pelayanan Pengiriman ataupun sistem pembayaran produk dan jasa
anda dan jangan lupa perhatikan pula harga produk yang Anda tawarkan, sebab
harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi konsumen.
“Layanan
merupakan jasa yang mendukung proses penjualan produk kita. Memberikan layanan
yang baik ke konsumen adalah langkah yang perlu dilakukan agar konsumen datang
lagi membeli produk kita”.
3. Strategi
Ke Tiga Ciptakan Produk ataupun Jasa Yang Memiliki Kelebihan Lebih dibanding
Pesaing
Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk ataupun jasa
yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli.
Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap),teknologi
lebih canggih, harga (lebih murah) ataupun hal lainnya bisa dalam bentuk rasa
ataupun kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen supaya
tidak beralih ke pesaing (competitor) dan selalu setia membeli produk kita.
4.
Strategi Ke Empat Selalu Melakukan Inovasi
Berkelanjutan Terhadap Produk & jasa Yang Di Ciptakan
Didalam Perdagangan bebas kawasan ASEAN ini
Indonesia akan kedatangan beribu-ribu produk yang lebih menprioritaskan
produk-produk inovasi dan berbasiskan teknologi canggih. Oleh karena itu produk
yang perlu dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan PASAR DUNIA
bukan RUANG LINGKUP NASIONAL lagi oleh karena itu diperlukan inovasi yang akan
dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen selalu
berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk
perlu dilakukan.
Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten),
Sitem Pemasaran secara online, Jasa Layanan, cara pengiriman barang ataupun
cara berkomunikasi (marketing). Perlu digarisbawahi bahwa kini masyarakat telah
BERALIH dari GAYA BERKUNJUNG KE MALL
atau TEMPAT PERBELANJAAN menuju BELANJA DENGAN SISTEM ONLINE
oleh karena itu kita sebagai pebisnis kita perlu melakukan inovasi berkelanjutan
dari produk dan layanan kita terutama di era internet saat ini.
5.
Strategi ke Lima Buat Komunitas Atau Forum Khusus Untuk Para Pelanggan Agan Dan
Sista
Dalam stretegi kelima ini seorang
pelanggan akan merasa dekat dan akan terjalin keterikatan batin dengan produk
ataupun tim management kita ini dengan cara
membuat kegiatan rutin atau forum
khusus untuk para pelanggan Anda.
Langkah
awal yang bisa agan dan sista lakukan yaitu dengan mendata seluruh member Anda
baik itu data nomor telepon yang dapat dihubingi, e-mail yang aktif, dan hobi
yang paling disukai oleh pelanggan serta jenis pekerjaan.
Dengan
data tersebut agan dan sista dapat mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan
hobi, provider telepon dan pekerjaan pelanggan.Ajak para konsumen untuk menjadi
member tetap, dengan menawarkan keuntungan yang menarik konsumen berdasarakan
hobi dan jenis pekerjaan mereka.
Nah agan dan sista itu 5 strategi awal untuk
dapat meningkatkan loyalitas pelanggan atas produk anda. Insya allah akan saya
lanjutkan strategi-strategi lainnya untuk dapat menciptkan loyalitas pelanggan
lainnya dilain waktu.
Akhir kata saya ucapkan permohonan maaf apabila
ada salah-salah kata dalam menyampaikan informasi semua kesalahan ada didiri
saya dan kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT.
Wassalamu’alaikum
wr..wb
Salam
Persaudaraan Muslim
Arief Tri Setiaji
0 komentar:
Post a Comment